Gempa Bumi Guncang Ambon, 3 Orang Meninggal dan Jembatan Retak

Gempa Bumi Guncang Ambon, 3 Orang Meninggal dan Jembatan Retak

Gempa besar yang mengguncang Ambon pagi tadi menyebabkan bangunan rusak dan tiga warga meninggal dunia

3 Orang Meninggal Dunia dan Jembatan Retak Saat Gempa Bumi Guncang Ambon

Konten.co.id – Gempa bumi dengan magnitudo 6.8 mengguncang, Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019), pukul 06.46 WIB. Pusat gempa berada di titik koordinat 3.38 LS (Lintang Selatan) dan 128.43 BT (Bujur Timur).

Episentrum berada di 40 km Timur Laut Ambon, Maluku dengan kedalaman 10 km. Gempa kali ini dikabarkan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Karang Panjang-Ambon Sunardi, magnitudo gempa-gempa susulan itu rata-rata 3 sampai 4. Hanya ada satu gempa susulan yang magnitudonya 5,6.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut termasuk jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa Ambon dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar. Menurut hasil pemodelan, gempa bumi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa tersebut mengakibatkan satu jembatan retak di Ambon dan satu bangunan Universitas Pattimura rusak ringan. Jalan di pelabuhan feri penyeberangan Hunimua (Ambon)-Waipirit (Seram Bagian Barat) juga mengalami keretakan.

Dinas Sosial Maluku juga melaporkan, gempa tersebut mengakibatkan tiga warga meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan. Sunardi mengimbau warga tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *