Garut Selatan Desak Percepat Pemekaran

Garut Selatan Desak Percepat Pemekaran

Keinginan Garut Selatan untuk melakukan pemekaran didukung oleh tokoh masyarakat dan Wabup Garut Helmi Budiman.

Wabup Garut Dukung Pemekaran Garut Selatan

Konten.co.id – Masyarakat Garut Selatan kembali desak pemerintah pusat untuk segera menetapkan Garut Selatan menjadi daerah pemekaran.

Prof Nanat Natsir tokoh masyarakat Garut Selatan menyampaikan, pemekaran Garut Selatan harus dipercepat mengingat telah terjadi ketidakadilan secara nasional.

“Jabar penduduknya 41 juta, Jatim 39 juta, Jateng 35 juta, Jawa Barat hanya ada 27 kabupaten/kota, Jatim 38, Jateng 35. Nah ini kan tidak adil, harusnya Jabar itu tertinggi jumlah kabupaten/kotanya,” jelasnya di Lapangan Kiarakohok Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet, Minggu (15/9/2019).

Mantan rektor UIN Bandung ini menegaskan, implikasi sederhana dari sedikitnya jumlah kabupaten/kota di Jawa Barat adalah, saat pembagian dana bantuan dari pemerintah pusat yang dihitung berdasarkan jumlah kabupaten kota, dipastikan Jawa Barat hanya mendapat sedikit.

“Jabar dirugikan, kareba lebih kecil dibanding Jatim dan Jateng, lebih-lebih jika dibandingkan dengan diluar Jawa yang penduduknha 800 ribu saja sudah jadi provinsi,” katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memberi dukungan. Pada tahun 2020 mendatang pihaknya akan membangun Pendopo Garut Selatan yang jadi simbol dari tekad yang kuat dari masyarakat untuk menjadi kabupaten baru.

“2020 kita akan bangun pendopo yang jadi simbol kebulatan tekad masyarakat,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *