Charles Leclerc Juara F1 GP Italia

Charles Leclerc Juara F1 GP Italia

Sebelum menang di F1 GP Italia, di seri Belgia Leclerc juga menang.

Juara F1 GP Ilaia, Charles Leclerc Menang Beruntun

Konten.co.id – Pebalap Ferrari, Charles Leclerc, kembali menorehkan catatan impresif. Pada balapan Formula 1 ( F1) GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (8/9/2019), ia sukses menjadi juara.

Bagi Leclerc, ini adalah kemenangan keduanya secara beruntun setelah pada seri sebelumnya di Belgia juga meraih podium tertinggi. Pada balapan F1 GP Italia, pebalap berkebangsaan Monako itu mengungguli duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Kemenangan yang diraih Leclerc juga sekaligus menjadi kemenangan pertama Ferrari di Sirkuit Monza sejak 2010.

Beberapa saat sebelum balapan, awan mendung terpantau menggantung di atas Sirkuit Monza. Namun, hal itu tidak membuat para driver ragu untuk memasang ban tipe kering dengan kompon soft alias lembut.

Charles Leclerc (Ferrari) yang start pole position langsung tancap gas ketika balapan dimulai. Pembalap asal Monako ini berhasil mempertahankan posisinya selepas putaran pertama.

Sedikit kendala dialami oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang harus mengganti front wing mobilnya ketika balapan memasuki putaran ketiga. Ketika balapan memasuki putaran ketujuh, terjadi insiden antara pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dengan Lance Stroll

Mobil yang ditumpangi Vettel kehilangan kendali dan berbalik arah. Namun, saat berusaha kembali ke lintasan, mobil Vettel menyenggol mobil Stroll.

Sementara itu, posisi 4 yang sebelumnya ditempati oleh Vettel kni diambil alih oleh pebalap Renault, Daniel Ricciardo. Selebihnya, tidak ada perubahan berarti dari para pebalap yang berada di urutan terdepan.

FIA akhirnya memberikan penalti stop and go 10 detik sebagai buntut tindakan sembrononya di lap 7. Keputusan ini membuat Vettel semakin sulit beranjak dari posisi juru kunci. Penalti juga diberikan kepada Stroll dan Alex Albon (Red Bull) yang terlibat dalam insiden yang sama.

Sementara itu, posisi pemimpin balapan urung beranjak dari Leclerc. Tahu bahwa dirinya kesulitan menyusul Leclerc, Lewis Hamilton (Mercedes) memilih masuk pit dan mengganti bannya dengan ban kompon medium.

Leclerc menyusul masuk pit beberapa saat kemudian dan kembali dengan ban tipe keras. Dengan dua pebalap terdepan masuk pit, Valtteri Bottas (Mercedes) mengambil alih posisi pimpinan balapan disusul oleh Ricciardo dan Nico Hulkenberg (Renault). Pertarungan sengit terjadi antara Leclerc dan Hamilton.

Hamilton, yang hanya berjarak beberapa meter dari Leclerc berusaha menyalip pembalap asal Monako tersebut.

Namun usaha Hamilton gagal dan mobilnya justru melaju keluar lintasan. Untuk sementara, posisi Leclerc aman dari kejaran Hamilton.

Leclerc akhirnya berhasil kembali memimpin balapan setelah Bottas memutuskan untuk masuk pit.

Pada putaran 28, Virtual Safety Car (VSC) diberlakukan menyusul pit stop tidak sempurna yang dilakukan oleh kru McLaren terhadap mobil Carlos Sainz. VSC kembali diberlakukan dua lap sesudahnya ketika mobil Daniil Kvyat (Toro Rosso) berhenti di lintasan rumput.

Sementara itu, pertarungan ketat kembali terjadi antara Hamilton dengan Leclerc. Hamilton terus memperpendek jarak dengan Leclerc menjadi hanya 0,535 detik ketika memasuki lap 34.

Tak hanya Hamilton, Bottas juga mampu terus menempel kedua pebalap ini dengan selisih waktu hanya sekitar 2 detik. Mereka bertiga meninggalkan Ricciardo yang menghuni posisi 4 dengan selisih waktu lebih dari 30 detik.

Dengan demikian, pertarungan memperebutkan posisi pemimpin balapan hanya menyisakan tiga pebalap. Terlalu fokus menyusul Leclerc, Hamilton justru disalip oleh Bottas ketika memasuki putaran ke-42.

Pada putaran 45, pebalap Haas, Kevin Magnussen harus menyudahi balapan lebih awal akibat mengalami masalah pada komponen hidroliknya. Memasuki lima putaran terakhir, Leclerc semakin nyaman memimpin dengan keunggulan lebih dari satu detik dari Bottas.

Akhirnya, Leclerc berhasil mempersembahkan kemenangan kedua bagi Ferrari musim ini dengan menjadi yang tercepat di Sirkuit Monza. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *