Bahaya Terlalu Sering Makan Bakso

Bahaya Terlalu Sering Makan Bakso

Kolesterol dan Hipertensi mengincar anda para penggemar bakso

Setiap Hari Makan Bakso? Awas Bahayanya Bagi Kesehatan

Konten.co.id – Hayo siapa yang tidak suka makan bakso?. Gimana gak jatuh cinta dengan makanan bola daging dengan kuah kaldu yang rasanya nikmat banget. Baik disantap saat musim kemarau maupun musim hujan.

Namun jangan saking enaknya jadi keseringan makan bakso. Bahkan hampir setiap hari.

Karena berbagai risiko penyakit akan muncul dan memberikan penyesalan di kemudian hari.

Dilansir dari viva.co.id, menurut dokter spesialis gizi klinik dr. Raissa E Djuanda, M.Gizi, SpGK, dalam satu porsi bakso bisa mengandung sekitar 100 miligram kolesterol.

Sementara batas maksimal kolesterol per hari yang dikonsumsi orang dewasa menurut American Heart Association sebaiknya tidak lebih dari 200 mg untuk mereka yang berisiko dan 300 mg untuk yang tidak berisiko (sehat-sehat saja).

Selain mengandung kolesterol tinggi, bakso juga termasuk makanan dengan kalori tinggi. Untuk baksonya saja, seporsi bisa mengandung 370 kalori. Kalau ditambah mie, bihun, serta tahu goreng bisa menjadi sekitar 500 kalori.

Karena itulah dr. Raissa menyarankan jangan memandang bakso sebagai camilan tapi makanan utama karena jumlah kalori yang tinggi bisa jadi sumber energi.

Intinya, kalau sudah makan bakso jangan cari nasi lagi supaya berat badan tidak berlebih dan menimbulkan risiko berbagai penyakit.

Alasan lain mengapa sebaiknya jangan makan bakso keseringan adalah kadar natrium (garam) yang tinggi.

Kuah bakso bisa mengandung natrium hingga 600 mg. Padahal yang dibutuhkan tubuh dalam sehari tidak lebih dari 1.500 mg. Jika berlebihan maka meningkatkan risiko hipertensi. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *