7 Makanan Serba Mie di Indonesia

7 Makanan Serba Mie di Indonesia

Indonesia punya 7 makanan khas berbahan dasar mie

Jelang Santap Siang, Ini 7 Makanan Serba Mie di Indonesia

Konten.co.id – Indonesia kaya akan makanan lezat. Makanan berbahan dasar mie pun jadi salah satu yang disukai bahkan cocok di lidah masyarakat kita.

Mie memang bukan bahan asli Indonesia. Bangsa Tionghoa mengenalkannya pada masyarakat asli Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Karena keterbukaan masyarakat kita pada bahan-bahan makanan baru, mie tersebut pun diolah dan disesuaikan dengan lidah Indonesia.

Berikut ini Konten.co.id sajikan 7 makanan serba mie di Indonesia :

1.Mie Aceh

Serambi mekah di ujung pulau Sumatera ini punya mie yang sangat populer. Mie Aceh sudah banyak dijajakan di luar provinsinya dan terkenal dengan bumbu rempah yang pedas.

Mie ini terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, adas, jinten, kapulaga, dan cabai. Selain bumbu, mie aceh juga diberi campuran udang, cumi, dan irisan daging sapi, tapi ada juga yang memakai daging kepiting, nih. Mantap, kan?

Apalagi penyajiannya didukung acar dan emping, dijamin bikin perut kenyang dan puas, deh! Nah kalau beli di restoran Aceh, anda bisa request apakah mienya mau digoreng kering, tumis dengan sedikit kuah, atau berkuah.

2. Mie Celor

Bergeser sedikit ke bagian selatan pulau Sumatera, anda bisa menemukan mie celor khas Palembang. Sajian mie kuning ini lebih menonjolkan citarasa seafood yang kuat.

Uniknya lagi, mie kuning sebagai bahan dasar sajian ini dimasak terpisah dengan kuahnya. Kuah mie celor terdiri dari santan, terigu, kuah kaldu udang, dan bumbu lainnya yang dimasak tumis. Ketika akan disajikan, mie kuning tadi baru dituang kuah berwarna putih dan ditambahkan telur rebus sebagai topping-nya.

3. Mie Koba

Sajian mie kuah dari Pulau Bangka ini juga punya keunikkan tersendiri. Mungkin tampilannya cukup sederhana, yakni mie kuning yang ditumis dengan kuah kecoklatan.

Namun, kuah kecoklatan ini ternyata dibuat dengan ikan tenggiri dan aneka bumbu yang kaya membuatnya jadi gurih dan lezat.

Supaya makin lengkap, mie yang namanya diambil dari salah satu kabupaten di Bangka Tengah ini disajikan dengan jeruk kunci yang mirip jeruk nipis tapi punya rasa lebih khas.

4. Mie Koclok

Di kota Cirebon, ada satu sajian mie yang kuahnya mirip bubur. Namun ternyata, kuah yang mirip bubur ini bukan bubur asli lho, tapi karena dibuat dari santan, tepung beras, dan tepung maizena sehingga berwarna putih dan teksturnya kental.

Mie koclok adalah mie kuning yang ditumis dengan kuah kental tersebut plus tambahan kol, tauge, irisan daging ayam, dan irisan telur rebus. Rasanya gurih dan aromanya wangi sekali, pokoknya pas dimakan saat masih hangat.

Oh ya, koclok ini bukanlah istilah dari bahasa Cirebon tapi merupakan singkatan dari “Khasnya Orang Cirebon yang Lebih OK”. Ada-ada saja ya?

5. Mie Kocok

Mie kocok berasal dari Bandung dan memakai kuah yang bening dan gurih. Mengapa disebut mie kocok? Karena setelah diletakkan dalam mangkuk, mie kuning berbentuk pipih ini perlu dikocok atau diaduk berkali-kali supaya matang sempurna.

Nah, mie kocok ini disajikan dengan irisan kaki sapi, tauge, seledri, dan bawang goreng supaya makin mantap. Irisan kaki sapi ini terasa empuk lho, biasanya yang diberikan adalah bagian kikil.

6. Mie Godog

Jalan-jalan ke Jogjakarta dan sekitarnya tak lengkap tanpa mencicipi sajian mie satu ini. Mie godog merupakan mie kuning yang direbus dengan kuah kaldu bercitarasa.

Ada rasa kemiri dan merica yang cukup menonjol pada hidangan ini. Nah, mie godog ini dimasak di wajan besi yang pakai tungku arang sehingga terasa lebih nikmat dan khas.

Sajian mie ini biasa dicampurkan dengan potongan daging ayam, telur orak-arik yang dimasak bersama tumisan kuahnya, kol, tomat, seledri, dan ditaburi dengan bawang goreng.

7. Mie Toprak

Ketoprak identik dengan makanan khas Jakarta yang terdiri dari lontong, tahu putih goreng, tauge, bihun, dan siraman kuah kacang yang gurih. Ternyata di Solo ada juga sajian ketoprak, tapi pakai mie dan berkuah kaldu gurih-bening.

Mie toprak adalah salah satu sajian mie khas Solo yang disiram kuah kaldu sapi yang hangat dan gurih. Bahan isiannya antara lain daging tetelan, cakwe, sosis solo, tahu, tempe, kol, tauge, kacang tanah, kerupuk kanji, bihun, dan mie kuning. Jangan lupa taburkan irisan cabe dan perasan jeruk nipis agar tersa segar. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *