7 Makanan Khas Lampung

7 Makanan Khas Lampung

7 makanan khas Lampung bisa disantap untuk makan siang.

Santap Siang dengan 7 Makanan Khas Lampung

Konten.co.id – Provinsi Lampung sebagai salah satu wilayah daerah yang juga kaya akan makanan lezat. Berbagai makanan khas Lampung bisa anda santap saat makan siang.

Berikut ini 7 makanan khas Lampung yang bisa jadi pilihan santap siang anda :

1. Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun.

Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang mix dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga.

Pada dasarnya ikan-ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.

2. Tempoyang

Apakah anda menyukai makanan olahan dari durian? Jika ia, maka anda patut mencoba makanan khas kota Lampung yang satu ini. Tempoyang merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan.

Untuk proses pembuatan tempoyang juga terbilang mudah yakni dengan cara menyiapkan daging durian yang tidak mempunyai kandungan air yang banyak. Nah, agar dapat membuat tempoyang yang lezat sebaiknya anda mencari durian dengan kualitas yang baik dan sudah benar-benar matang. Setelahnya anda bisa memisahkan antara biji dengan daging duriannya lalu diberikan sedikit garam.

Selanjutnya anda bisa menambahkan cabe rawit secukupnya, jika semua sudah dilakukan maka anda bisa menyimpannya di tempat yang tertutup ataupun jua bisa dimasukan ke dalam kulkan. Hal ini berguna untuk mempercetap proses fermentasi tempoyak.

Apabila sudah difermentasikan selama 2 sampai 5 hari maka anda bisa segera mengolahnya dengan campuran ikan. Ikan yang biasanya digunakan cukup beragam seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan lainnya.

Bagi anda yang ingin membuat sambal maka harus mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabe yang telah dihaluskan ataupun dipotong-potong kecil, kemudian tambahkan sedikit gula. Kemudian anda bisa mengorengnya hingga 3 menit, selanjutnya tempoyak bisa langsung dihidangkan dan dimakan.

3. Geguduh

Bagi anda yang menyukai makanan yang memiliki cita rasa yang manis-manis, maka anda haru mencoba makanan khas kota Bandar Lampung ini. Gegaduh merupakan salaha satu makanan yang sejenis dengan kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan.

Gegadu ini biasanya disajikan untuk para tamu dan juga untuk dinikmati bersama keluarga saat ada acara keluarga. Dalam proses pembuatan gegaduh dibutuhkan beberapa bahan yang sangat mudah untuk anda peroleh seperti buah pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, selai serta susu.

Selanjutnya tepung terigu dan pisang dicampurkan dan diaduk hingga merata, pada tahap ini anda juga harus memasukan susu dan selai yang sudah disediakan. Setelahnya anda bisa segera mengoreng geguduh hingga matang.

Pada dasarnya untuk membuat gegaduh ini sering menggunakan pisang kepok, dan jika ingin menambah aroma yang sedap maka anda bisa menggunakan daun pandan ataupun air kapur sirih.

4. Gulai Taboh

Gulai taboh memang dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanyan terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan.

Proses pembuatan gulai taboh terbilang sedikit mudah yakni dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Jika ingin membuat rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi ke dalamnya. Dengan adanya perpaduan antara ubi dengan terasi tersebut dapat membuat makanan terasa lebih lezat dilidah.

5. Umbu

Nah, bagi anda pencinta makanan yang memiliki rasa sedikit pahit seperti pare, maka anda patut mencoba makanan khas dari lampung ini. Umbu merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan utamanya rotan yang masih muda.

Dalam proses pembuatannya rotan ini akan direbus hingga lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng ataupun juga bisa dihidangkan dalam bentuk makanan lalapan.

Umbu ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, namun anda juga bisa mencampurkan bahan lainnya yang sesuai dengan keinginan anda. Pada dasarnya masyarkat di kota Lampung sudah menjadikan umbu yang terbuat dari rotan ini sebagai makanan untuk dikonsumsi sehari-hari, namun seiring berjalannya waktu membuat membuat rotan pun semakin jarang di temui.

Hal inilah yang membuat masyarakat di Lampung hanya membuat umbu saat ada acara adat ataupun acara-acara penting lainnya.

6. Engkak

Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek.

Engkak ini sangat cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega.

Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelahnya anda bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

7. Gabing

Gabing merupakan makanan yang menggunakan bahan utama batang kelapa yang masih muda. Saat proses pembuatan gabing terbilang sangat sederhana yakni dengan cara mengiris batang kelapa muda hingga terlihat seperti lempengan kecil yang memanjang dan berukuran 3 hingga 4 cm.

Selanjutnya anda bisa merebus batang kelapa tersebut dan juga ditambahkan dengan bumbu rempah yang sesuai dengan selera anda. Gabing sendiri merupakan makanan berkuah, namun ada juga sebagian orang yang membuat gabing yang tidak diberikan kuat.

Bagi anda yang ingin membuat gabing terasa lebih nikmat dan lezat maka anda juga bisa menambahkan jamur, daging segar dan berbagai jenis bahan lainnya yang bisa memperkaya cita rasa makanan khas Lampung ini. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *