fbpx

30 Negara Lakukan Investigasi Terhadap Google

30 Negara Lakukan Investigasi Terhadap Google

Publik menilai Google bisa menjadi terlalu besar dalam mengakuisisi saingan.

Curiga Pendapatan Google, 30 Negara Lakukan Investigasi

Konten.co.id – Sebanyak 30 negara bagian yang dipimpin oleh Texas mengumumkan penyelidikan untuk memeriksa apakah raksasa teknologi tersebut telah menjadi terlalu besar dalam mengakuisisi saingan.

Probe adalah pukulan terbaru terhadap perusahaan teknologi besar saat investigasi antitrust meningkat di AS dan di seluruh dunia.

Departemen Kehakiman, Komisi Perdagangan Federal dan Kongres juga melakukan penyelidikan.

Jaksa Agung Texas Ken Paxton mengatakan penyelidikan, yang diperkirakan akan mencakup lebih dari 30 negara, akan melihat apakah Google telah terlibat dalam perilaku anti-persaingan yang menghambat persaingan, membatasi akses, dan merugikan konsumen’.

Sumber mengatakan Google akan menjadi target utama. “Google mengharapkan jaksa agung negara bagian akan melihat investigasi serupa di AS sebelumnya dan secara internasional,” kata wakil presiden senior urusan global Kent Walker.

Perusahaan induk Google, Alphabet, memiliki nilai pasar lebih dari $ 820 miliar dan mengendalikan begitu banyak aspek internet.

Para ahli percaya bahwa penyelidikan antitrust dapat fokus pada setidaknya satu dari tiga aspek bisnis Google yang telah menarik perhatian regulator.

Tempat pertama yang terlihat jelas adalah iklan daring. Google mengendalikan 31,1 persen dari dolar iklan digital global pada 2019, menurut perkiraan eMarketer yang menjatuhkan Facebook di peringkat kedua.

Banyak pengiklan kecil berpendapat bahwa Google memiliki kekuatan.

“Pasti ada kekhawatiran dari pihak pengiklan sendiri bahwa Google menggunakan terlalu banyak kekuatan dalam menetapkan tarif dan lebih menyukai layanan mereka sendiri daripada yang lain,” kata Jen King, direktur privasi di Pusat Internet untuk Masyarakat dan Masyarakat Stanford.

Para kritikus sering menunjuk pada akuisisi Google 2007 atas perusahaan periklanan online DoubleClick sebagai hal penting bagi dominasi iklannya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *