175 Ribu Rumah Jadi Target Bedah Rumah

175 Ribu Rumah Jadi Target Bedah Rumah

Kementerian PUPR menargetkan bisa membedah 175 ribu unit rumah tahun depan.

Lewat Program BSPS, Kementerian PUPR Siap Bedah 175 Ribu Unit Rumah

Konten.co.id – Sebanyak 175 ribu unit rumah akan menjadi target bedah rumah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada 2020 mendatang.

Berdasar cuitan dari Twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU, Sabtu (21/9/2019) jumlah tersebut dikategorikan menjadi dua.

Pertama, bedah rumah dengan sifat pembangunan baru yang dilakukan karena rumah tidak layak huni sebanyak 25.365 unit. Kedua, peningkatan kualitas rumah sebanyak 150 ribu unit.

Dengan program BSPS, masyarakat miskin akan mendapat bantuan dalam bentuk bahan bangunan, bukan uang tunai.

Untuk pelaksanaan pembangunan, masyarakat dapat membentuk kelompok untuk melakukan perbaikan maupun pembangunan rumah secara gotong royong.

Hal tersebut pun direspon netizen. Salah satunya dari @naylatama.

Ia yang pernah ikut dalam program bedah rumah dari Kementerian PUPR mengaku antusias dan apresiasi.

“Saya pernah ikut dalam bantuan program ini. Saya senang tetangga2 saya yg kurang mampu mendapat bantuan dari pemerintah, terlebih saya bersyukur karena pemerintah desa juga kooperatif dan jujur. Jadi semua bantuan tersalurkan.”

Ia pun memberi saran agar pemerintah bisa memberikan peraturan yang menyebutkan pemerintah desa tidak boleh menjadi supplier bahan bangunan.

“Saya hanya ingin memberi saran alangkah baiknya terdapat peraturan yg menyebtukan bahwa pemerintah desa dan pegawai desa tidak boleh menjadi suplier bahan bangunan selain itu, terkadang ada beberapa bantuan yg kurang tepat sasaran.”

Sementara akun @ferrypradana mencuitkan kalau program ini akan didampingi fasilitator.

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *