fbpx

Warga Timika Serang Kantor DPRD dengan Batu

Warga Timika Serang Kantor DPRD dengan Batu

Aksi yang awalnya damai berubah mencekam lantaran ketua DPRD Kabupaten Mimika dan Bupati Mimika tak kunjung hadir.

Lama Menunggu, Warga Timika Serang Kantor DPRD dengan Batu

Konten.co.id – Ribuan warga dari berbagai wilayah di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (21/8/2019) pagi, turun ke jalan guna menyuarakan aspirasi antirasialisme. Aksi itu dilakukan terkait insiden yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Namun aksi damai itu berubah menjadi amuk massa lantaran peserta aksi terlihat melempar batu ke arah gedung DPRD Mimika. Aparat kepolisian terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan guna meredakan amukan massa.

Diketahui massa bergerak dari berbagai arah hingga berkumpul di halaman depan Kantor DPRD Kabupaten Mimika, di Jalan Cenderawasih Kota Timika.

Mereka berkumpul di depan Kantor DPRD Mimika. Awalnya suasana damai terlihat. Massa membawa spanduk bertuliskan kalimat-kalimat menentang tindakan rasisme. Spanduk lainnya bertuliskan, ‘Kami Papua Cinta Damai’.

Mereka juga meneriakkan yel-yel, sembari mengecam pihak-pihak yang melakukan tindakan tidak terpuji terhadap mahasiswa Papua. Koordinator aksi demo sempat mengingatkan massa aksi agar tidak melakukan tindakan anarkis seperti merusak fasilitas umum dan lainnya.

Berbicara menggunakan mikrofon, koordinator aksi mengajak massa aksi mengutamakan demo damai, dan menyampaikan aspirasi di muka publik secara baik.

Namun setelah beberapa jam menunggu kedatangan Bupati dan Ketua DPRD Mimika yang belum juga hadir, massa kemudian terprovokasi hingga melakukan tindakan anarkis.

Hingga siang ini situasi belum kondusif. Massa masih melakukan pelemparan meskipun tembakan peringatan dilakukan aparat keamanan. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *