Warga Jayapura Mengungsi di Markas TNI AL

Warga Jayapura Mengungsi di Markas TNI AL

Pejabat dari MRP masih kunjungan kerja sementara demonstrasi hingga pengrusakan di Jayapura masih terjadi.

Pemerintah Jayapura Menghilang, Warga Mengungsi di Markas TNI AL

Konten.co.id – Demonstrasi yang terjadi di Jayapura, Kamis (29/8/2019) terkait penolakan tindakan rasisme kepada rakyat Papua pecah hingga terjadi kerusuhan.

Akibatnya beberapa sudut pusat kota di Jayapura terpantau lumpuh. Pertokoan dan perkantoran di Jayapura bahkan Mal terbesar di kota tersebut nampak tak beroperasi.

Massa terlihat berkelompok dan berorasi di Jalan Irian yang berada di area pusat kota. Bahkan Angkotan kota juga tak berani beroperasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demonstrasi tersebut berakhir ricuh dan massa dilaporkan membakar kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) di Jayapura. Para pendemo di Jayapura kian bertambah hingga terpantau berjumlah ribuan orang. Massa melakukan aksi pembakaran dan pengrusakan.

Sejumlah warganet pun mempertanyakan keberadaan Pemerintah terutama Pemerintah daerah yang belum kunjung menenangkan massa. Bahkan belum terlihat batang hidungnya di Jayapura.

“Ya Allah…kondisi Papua malam ini. Benar2 mengerikan. Kemana perginya pejabat yg digaji minimal 100juta perbulan yg selalu koar2 saya pancasila dan NKRI harga mati?kenapa tiba2 mereka auto buta dan bisu?” cuit @Fatmah_Syaff.

Anggota Majelis Rakyat Papua, Ustaz Tony Wanggai mengaku sudah mendapatkan laporan tersebut. Tony mengatakan kalau seluruh anggota MRP sedang berada di luar Papua karena melakukan kunjungan kerja.

Diketahui penyerangan ini juga membuat jaringan telepon tak bisa digunakan di wilayah tersebut. Dilansir dari kompas.com ribuan warga memilih untuk meminta perlindungan dengan mengungsi ke Markas TNI Angkatan Laut, di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Ribuan pendemo masih berjaga hingga malam hari di halaman kantor Gubernur Jalan Soa Siu Dok 2, Distrik Jayapura Utara. Sementara TNI dikabarkan sudah menerjunkan 1200 personel Brimob dari Kelapa Dua Depok. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *