Viral Suara Jeritan Korban Tsunami Palu di Pantai Talise

Viral Suara Jeritan Korban Tsunami Palu di Pantai Talise

Dari video yang beredar terdengar suara jeritan anak-anak.

Suara Jeritan Korban Tsunami Palu Terdengar di Pantai Talise

Konten.co.id – Viral di media sosial, sebuah video yang memuat suara teriakan sejumlah orang yang disebut suara korban tsunami Palu.

Menurut informasi yang dihimpun, video tersebut awalnya diposting di WhatsApp story oleh seorang mahasiswa bernama Muhammad Fachri (22). Ia tak sengaja mengabadikan rekaman mirip suara teriakan dan jeritan manusia dalam video story WhatsApp miliknya itu pada Minggu (18/8/2019) petang.

Video tersebut memperlihatkan pemandangan laut di Pantai Talise, Palu, Selawesi Tengah. Selain suara gemuruh ombak, dalam video yang berdurasi selama 8 detik itu juga terdengar jelas suara teriakan sejumlah orang. Bahkan terdengar suara orang minta tolong di akhir-akhir video.

Namun banyak pihak meragukan keaslian video tersebut.Sebagian netizen bahkan menuding Fachri telah mengedit dengan menambahkan suara-suara aneh pada video itu. Namun, Fachri dengan tegas membantahnya.

Menurutnya, video tersebut asli benar adanya. Dia bahkan berani bersumpah dan bertanggung jawab jika video itu bukan rekayasa apalagi bila sampai dikatakan hoaks yang meresahkan masyarakat.

“Bikin merinding,video ini direkam di belakang hotel palu golden pantai talise yang telah hancur karena tsunami 28 september 2018 kemarin,dalam video ini perekam sedang duduk santai di salah satu cafe pinggir pantai pada minggu 18 agustus 2019 jam 18.22 WITA dimana saat itu sudah masuk waktu adzan maghrib.

Tanpa sengaja video dari story whatsapp merekam jelas suara teriakan dan jeritan dari para korban tsunami pada 28 september 2018 kemarin yang menerjang salah 1 pantai di kota palu ini,waktu itu juga banyak anak anak kecil berada di seputaran pantai tersebut untuk bersiap dalam acara yang akan diadakan malam harinya, entah mungkin sebab itu dominan suara teriakan dari anak yang menjadi korban ganasnya tsunami .” deskripsi dari akun youtube Galang Permadi yang dilihat Konten.co.id, Kamis (22/8/2019).

Hal ini langsung mendapat respon netizen. “Tiba-tiba dengar suaranya jadi merinding gitu ya” kata akun Shofia Sakaronasafah.

Namun sebagian besar netizen menilai itu adalah hoaks atau palsu. “bisa jadi disebelahnya ada orang lain mainan hp terus yang dputer suara horor…kalau memang real harusnya disekelilingnya juga direkam..” ucap akun Deny Mahesa.

Selain itu akun akun Ghali Nugraha menilai harusnya perekam menjelaskan kondisi di dalam video tersebut agar tidak dikira editan. “Mungkin ada baiknya dijelaskan juga kondisi disana saat video itu direkam, karna sebagian netizen pasti mengira ini hoax atau editan” kata akun Ghali Nugraha. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *