Tandingi Apple, Samsung Rilis Smartwatch Canggih Teranyarnya

Tandingi Apple, Samsung Rilis Smartwatch Canggih Teranyarnya

Rilisan smartwatch terbaru Samsung.

Tandingi Apple, Samsung Rilis Smartwatch Canggih Galaxy Watch Active 2

Konten.co.id – Smartwatch saat ini sangat digandrungi. Salah satunya Samsung Galaxy Watch Active 2 akan menjadi saingan dari Apple Watch 4. Keduanya merupakan produk hebat dari dua perusahaan.

Kedua perangkat juga memiliki beragam fitur cerdas, tetapi keduanya jauh dari identik. Untuk itu ada beberapa komparansi atau perbandingan diantara keduanya.

Desain dan tampilan Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Watch Active asli. Ia memiliki layar melingkar dengan dua tombol di tepi kanan bingkai.

Hadir dalam ukuran casing 44mm dengan layar 1,4 inci, atau 40mm dengan layar 1,2 inci, Dilengkapi dengan bodi aluminium dan tali karet di Cloud Silver, Aqua Black dan Pink Gold, atau bodi stainless steel dengan tali kulit dari Perak, Hitam atau Emas. Ini pun mendukung untuk tali 20mm.

Untuk Apple Watch 4 memiliki layar lebih persegi, dengan ujung digital di tepi kanan. Seperti halnya Galaxy Watch Active 2 yang hadir dalam ukuran case 40mm dan 44mm dan dengan bodi aluminium atau stainless steel.

Untuk aluminium Anda bisa mendapatkannya dalam Silver, Space Grey atau Gold, sedangkan versi stainless steel tersedia dalam Silver, Space Black atau Gold. Anda juga bisa mendapatkannya dengan serangkaian tali sporty dan logam.

Baik Apple Watch 4 dan Galaxy Watch Active 2 juga tahan air hingga 50 meter, jadi perbedaan desain utama di antara mereka adalah bentuk layar.

Berbicara tentang layar, Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki resolusi 360 x 360. Sementara resolusi 324 x 394 (jika Anda memilih model 40mm) atau 368 x 448 satu (jika Anda menggunakan model 44mm ).

Fitur Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Dua fitur besar baru untuk Samsung Galaxy Watch Active 2 adalah hal-hal yang Apple dalam satu kasus sudah menawarkan dan yang lain menawarkan sesuatu yang sebanding.

Dengan EKG (elektrokardiogram), fitur yang memungkinkan Galaxy Watch Active 2 mengukur ritme dan aktivitas jantung Anda, untuk mengambil hal-hal seperti atrial fibrilasi.

Hal yang sama dimiliki Apple Watch 4. Fitur besar baru lainnya pada Galaxy Watch Active 2 adalah ‘bezel rotating digital’, yang merupakan bezel digital di sepanjang tepi layar yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri menu. Ini pada dasarnya adalah digital mengambil dial fisik yang ada pada Samsung Galaxy Watch.

Apple Watch 4 tidak memiliki ini, tetapi memiliki mahkota digital yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi arloji.

Kedua jam tangan juga hadir dalam rasa LTE. Keduanya juga memiliki monitor detak jantung, GPS, NFC, dan serangkaian fitur kebugaran lengkap, termasuk kemampuan untuk melacak berbagai olahraga dan latihan.

OS dan daya Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Samsung Galaxy Watch Active 2 menjalankan Tizen, sementara Apple Watch 4 menjalankan watchOS. Itu adalah dua perbedaan terbesar antara perangkat yang dapat dikenakan ini. Dalam Apple Watch Anda hanya bisa menggunakannya di iPhone, karena perangkat lunaknya tidak kompatibel dengan Android.

Tizen di sisi lain kompatibel dengan kedua sistem operasi seluler.

Satu perbedaan lain antara sistem operasi ini adalah asisten AI yang dapat Anda hubungi. Anda bisa mendapatkan Siri di Apple Watch 4, sedangkan Watch Active 2 mengandalkan Bixby.

Adapun spesifikasi inti, Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki chipset Exynos 9110 dual-core, 4GB penyimpanan dan 768MB atau 1,5GB RAM, dengan jumlah yang lebih besar dicadangkan untuk model LTE.

Apple Watch 4 memiliki chipset Apple S4 dual-core dan penyimpanan 16GB. Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki baterai 230mAh dengan masa pakai hingga 2 hari jika Anda memilih model 40mm, atau 340mAh dalam versi 44mm.

Sementara itu Apple Watch 4 memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam. Apple belum mengatakan seberapa besar baterainya.

Harga Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Samsung Galaxy Watch Active 2 diprediksi akan dijual pada 27 September, mulai dari $ 279,99 untuk versi 40mm, dan $ 299 untuk versi 44mm

Apple Watch 4 sudah banyak tersedia tentunya, dan mulai dari $ 399 atau £ 399 untuk model 40mm, naik menjadi $ 429 untuk yang 44mm. Itu membuatnya jauh lebih mahal daripada Galaxy Watch Active 2, meskipun lebih tua dan tampaknya cukup sebanding dalam hal fitur. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *