PLN Tengah Hitung Kompensasi untuk Pelanggan

PLN Tengah Hitung Kompensasi untuk Pelanggan

PLN hitung kompensasi untuk pelanggan.

Mati Listrik, PLN Tengah Hitung Kompensasi untuk Pelanggan

Konten.co.id – Pemadaman listrik terjadi serentak di sebagian besar pulau Jawa sejak Minggu (4/8/2019). Tepatnya wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Listrik padam sejak sekitar pukul 12 siang, dan perlahan mulai pulih di beberapa wilayah mulai pukul 18.00 WIB. Akibat pemadaman ini bisa berdampak pada para pelaku usaha yang merugi.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Djoko Abumanan mengatakan soal kompensasi kepada pelanggan akan mengikuti aturan yang berlaku, PLN tidak bisa serta merta mengatakan dan menyanggupi pengucuran kompensasi tersebut.

Pertama, perlu adanya laporan deklarasi merugi terlebih dulu. “Nanti by sistem, karena tiap daerah beda beda. Declare tiga bulan ke depan. Jadi sebulan ini berapa yang dideklarasi,” ujarnya, Minggu (4/8/2019).

Pemberian kompensasi sendiri diatur oleh Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017.di mana tertera soal pengurangan tagihan listrik TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) atau kompensasi kepada konsumen yang dirugikan ketika ada pemadaman. Terutama untuk pelanggan non subsidi, yang menurut Djoko, terdapat 35%.

“TMP nanti kita hitung, memang ada Permen bahwa kewajiban PLN apabila nanti dihitung TMP-nya lebih dari standar yang ada, kita akan berikan kompensasinya karena memang diatur dalam aturan pemerintah.” Kata dia.

Hal senada diungkapkan Plt Dirut PLN Sripeni Inten. Kata dia, pihaknya tengah menghitung kompensasi terkait pemadaman yang terjadi sejak kemarin. Ia mengatakan kompensasi akan turun disesuaikan dengan wilayah yang terdampak hingga waktunya.

“Bisa sampai dua hingga tiga hari gratis tapi semua tergantung durasi pemadamannya sendiri berapa lama dan golongan ya tidak bisa sama-sama,” katanya, Senin (5/8/2019). (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *