Pelaku Pembakaran Ipda Erwin Anggota GMNI

Pelaku Pembakaran Ipda Erwin Anggota GMNI

RS adalah satu dari tiga orang pelaku pembakaran polisi di DPRD Cianjur.

Mahasiswa Pembakar Ipda Erwin Ternyata Anggota GMNI

Konten.co.id – Polisi telah menetapkan seorang mahasiswa bernama Rian Suryana atau RS sebagai tersangka dalam kasus terbakarnya 3 anggota polisi saat mengawal aksi demo mahasiswa di Cianjur, Jawa Barat. Tersangka tersebut merupakan mahasiswa Universitas Suryakencana di Cianjur.

Selain itu ia juga tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). “Polres Cianjur di-back up Ditreskrimum Polda Jabar telah menetapkan salah satu oknum mahasiswa dari elemen GMNI yang tergabung dalam Cipayung Plus atas nama RS, mahasiswa dari Universitas Suryakencana,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Truno mengatakan, tersangka RS teridentifikasi merupakan pelaku yang melakukan pelemparan bahan bakar saat aksi demo saat itu. “RS inilah yang melakukan pelemparan bahan bakar cair dalam plastik, yang mengakibatkan tersambarnya korban dan membuat chaos pada kejadian tersebut,” kata Truno.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah saksi menjalani pemeriksaan selama 1×24 jam. Berdasarkan alat bukti yang didapatkan penyidik, polisi menemukan dugaan tindak pidana yang dilakukan terduga pelaku.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 170 dan atau Pasal 351, dan atau Pasal 160 dan atau Pasal 212, dan atau Pasal 213 KUHP. “Ancaman hukuman di atas 5 tahun. Pasal itu kumulatif sesuai dengan yang diterapkan. Nanti kejaksaan dan juga pengadilan yang berhak menentukan,” kata Truno.

Aksi unjuk rasa di DPRD Cianjur ini untuk melakukan audiensi berkaitan dengan kebebasan berpendapat atau mengungkapkan pendapat. Namun, peserta aksi tidak berhasil menemui pimpinan daerah yang dimaksud. Mereka kemudian melakukan aksi bakar ban sekaligus menutup arus lalu lintas di Jalan Siliwangi.

Ipda Erwin, anggota polisi yang saat itu tengah mengawal jalannya aksi berupaya untuk memadamkan ban yang terbakar. Namun, tiba-tiba ada oknum yang melemparkan bahan bakar minyak dari belakang. Akibatnya, api menyambar tubuh Ipda Erwin yang membuatnya kini meninggal dunia.

Melihat kondisi rekannya, dua anggota lainnya yakni Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA simbolon berupaya memberikan pertolongan. tetapi, mereka pun mengalami luka bakar. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *