OTT, KPK Tangkap 11 Orang. Diduga Melibatkan Anggota DPR

OTT, KPK Tangkap 11 Orang. Diduga Melibatkan Anggota DPR

KPK kembali lakukan OTT. 11 orang ditangkap. OTT diduga terkait suap impor bawang putih.

Kembali Lakukan OTT, KPK Tangkap 11 Orang. Diduga Anggota DPR Terlibat

Konten.co.id – Operasi Tangkap Tangan (OTT) kembali dilakukan KPK. Kali ini, OTT dilakukan di Jakarta. Diduga, OTT dilakukan terkait dugaan suap impor bawang putih. Ketika dikonfirmasi, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah hanya menjawab singkat, “Iya,” katanya, Kamis (8/8/2019).

“Sekitar 11 orang diamankan penyidik KPK dalam OTT kali ini. Terdiri dari pengusaha importir, sopir dan beberapa orang kepercayaan anggota DPR. Ada pihak lain juga,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo. OTT berlangsung pada Rabu, 7 Agustus 2019 pukul 21.30 WIB. Dalam OTT terkait dugaan suap impor bawang putih tersebut, KPK mengamankan sejumlah barang bukti.

Febri menyebut, OTT tersebut terkait dugaan suap ke anggota DPR. “Diduga uang untuk anggota DPR,” katanya. Namun dirinya masih enggan menyebut identitas anggota DPR yang dimaksud. Febri juga belum menjelaskan apakah anggota DPR yang diduga menerima duit ikut diamankan dalam OTT ini atau belum.

“Transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Uang tersebut diduga untuk menyuap anggota DPR,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo. Sama seperti Febridiansyah, Agus pun masih enggan menyebut identitas pihak yang terjaring OTT. “Nanti saja. Masih dalam proses,” katanya.

Dalam OTT tersebut, Penyidik KPK mengamankan bukti transfer sebesar Rp 2 Miliar. “Tim mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan. Ditemukan juga sejumlah uang dalam pecahan dolar AS. “Selain rupiah, ditemukan sejumlah mata uang asing berupa USD yang masih dalam proses perhitungan dan penelusuran,” ujar Agus Rahardjo.

Diduga uang tersebut ditujukan untuk Anggota DPR RI. Namun, KPK belum menyebut siapa anggota DPR yang dimaksud. Namun, KPK sedikit memberi bocoran, bahwa uang tersebut diduga ditujukan untuk Anggota DPR dari Komisi Perdagangan.

“Rencananya, uang tersebut diduga akan diberikan untuk seorang Anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, investasi,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Komisi yang mengurusi bidang tersebut, adalah Komisi VI DPR RI. Namun, Febri belum menyebut identitas anggota DPR yang diduga menerima suap terkait impor bawang putih itu. (IGR)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan