Mantan Kapolda Metro Jaya Kandidat Ketum PSSI

Mantan Kapolda Metro Jaya Kandidat Ketum PSSI

Banyak prestasi dan lama berkecimpung di dunia sepak bola membuat Iwan Bule berani maju jadi ketua umum PSSI.

Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Kandidat Ketua Umum PSSI

Konten.co.id – Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Mochamad Iriawan masuk pada bursa ketua umum PSSI periode 2020-2024. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini pun sudah mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI telah melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) pada Juli 2019, yang menghasilkan pelbagai keputusan, mulai dari perubahan statuta, hingga pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding pemilihan Ketum PSSI periode 2019-2014.

Iwan sendiri sudah terlibat di kompetisi sepak bola Indonesia. Ia pernah menjadi penasihat klub Persib Bandung pada 2009. Selain itu, ia juga aktif sebagai pelindung di Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat.

Sosok Iwan selama berkarier di kepolisian pun bisa dikatakan cemerlang. Iwan lebih banyak bertugas dalam bidang reserse kriminal.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi dan Pengamanan Polri. Iwan pernah pula menjabat Kapolda Jawa Barat pada 2013 dan menjadi Kapolda Metro Jaya pada 2016. Namun, ia sempat dikaitkan dengan beberapa kasus besar, termasuk kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Dalam pencalonan ini, Iwan juga menggandeng petinggi TNI, yakni Mayjen TNI Cucu Sumantri untuk menjadi pendampingnya kelak.

Sebelumnya, PSSI sendiri tengah mengalami masa-masa kekosongan jabatan lantaran Edy Rahmayadi meninggalkan posisinya sebagai ketua umum, Januari silam. Setelah Edy mundur, PSSI sempat ditangani Joko Driyono.

Namun Joko terlibat kasus perusakan garis polisi dan penghilangan barang bukti dugaan pengaturan skor yang membuatnya ditetapkan sebagai tersangka pada Maret. Guna mengisi kekosongan, kini Iwan Budianto berstatus Plt ketua Umum PSSI. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *