Mahasiswa Papua Kibarkan Bendera Kejora di Semarang

Mahasiswa Papua Kibarkan Bendera Kejora di Semarang

Mahasiswa Papua ingin Papua melepaskan diri dari Indonesia.

Ingin Merdeka, Mahasiswa Papua Kibarkan Bendera Kejora di Semarang

Konten.co.id – Aksi damai mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Persatuan Rakyat Untuk Pembebasan Papua Barat Semarang (PRPPBS), di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (24/8/2019), diwarnai dengan pengibaran bendera Bintang Kejora

Pada aksi yang digelar di di depan komplek Gubernuran Jawa Tengah itu, berkibar bebas simbol-simbol organisasi pembebasan Papua merdeka. Bahkan, satu persatu peserta aksi demo memberikan orasi bernada menggelorakan Papua agar mendapat hak menentukan nasib sendiri alias self-determination right.

Ajakan itu jelas terdengar saat orator memberikan kata ”Papua”, lalu disambut jawaban massa ”Merdeka”. Mereka juga meneriakkan kalimat ”Papua bukan Merah Putih, Papua Bintang Kejora”.

Beberapa peserta aksi pun terlihat berkoteka mengibarkan bendera Bintang Kejora berlari ke sana ke mari di lokasi demo, karena ruas Jalan Pahlawan ditutup total.

Sejumlah aparat kepolisian berjaga dengan melokalisir aksi para mahasiswa. Sementara dilansir dari Suara.com, salah satu orator mengatakan, pengiriman militer oleh Presiden Jokowi ke Tanah Papua setelah terjadi protes massal terhadap perkataan rasis kepada mahasiswa Papua bukan solusi.

”Penjajahan di Papua sudah terjadi sejak 2000 tahun lalu hingga sekarang 2019. Kami khawatir semua orang Papua akan mati seperti yang terjadi pada Suku Aborigin di Australia,” kata orator.

Aksi tersebut berakhir secara damai. Massa meninggalkan Jalan Pahlawan lalu berjalan kaki melintasi kantor Gubernuran dan Mapolda Jateng, diakhiri menuju Jalan Sriwijaya ke arah Asrama Mahasiswa West Papua, Tegalsari, Kelurahan Candi Sari, Semarang.

Namun aksi tersebut mendapat perhatian lebih dari netizen. @Anggraini_4yu bahkan menyindir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang semestinya bisa membubarkan aksi ini. Bukan hanya membubarkan pengajian.

“#PestaRakyat69 Semarang hari ini, sedang berlangsung aksi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) mengibarkan bendera Kejora. Jangan Cuma Bisa Bubarin Pengajian Serr… Cc
@ganjarpranowo
Ser… serr..” cuitnya.

Hal ini pun direspon netizen. “Salut lah sama orang Papua, Banser di undang kepapua gak berani datang, orang Papua datang kesemarang banser gak berani nongol, ajib ajib ngomong garda terdepan tak tau nya garda pos hansip” cuit akun @iskandar_fauzi.

“Bintang kejora di mana2, disitu dekat polda dan tempatnya akpol. Tp sy paham dgn masyarakat semarang, sangat toleransi sekali disana. Betul kan ndoro ganjar? Kecuali klo ada FPI dan bendera tauhid, entahlah.” Cuit @syarifAlkadri3.

“Dilema jadinya Negara, ujungnya karena kepemimpinan yg lemah dan ini adalah momentum Papua untuk lepas.” Cuit @HeriFerdinand5. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *