fbpx

Luar Biasa! Driver Ojol Ini Lulus Cumlaude dari Undip

Luar Biasa! Driver Ojol Ini Lulus Cumlaude dari Undip

Driver ojol lulus cumlaude daei Undip, dengan IPK 3,67.

Amazing! Driver Ojol Ini, Berhasil Lulus Cumlaude dari Undip

Konten.co.id – Kuliah sambil menjadi driver ojek online (ojol) tidak mengganggu Leony Sondang Soryani. Justru ia semakin semangat dan meraih cum laude di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.

Mahasiswi asal Bogor ini lulus dengan predikat terbaik atau cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,67 dengan masa kuliah selama 3 Tahun 9 Bulan.

Kisahnya viral setelah akun Twitter @gizayeolsung membuat Thread atau twit berantai tentang mahasiswi ini.

“Hari ini Undip wisuda, trus dri sekian banyak foto wisudawan/ti yg rame di tl, ini satu2nya foto yg bikin gue merinding. Lemme intoduce you. Namanya lele, Junior gue anak FH undip. Dri semester 5 udah ngegojek sampe dia lulus hari ini.” Cuitnya.

“Kaget, kalau aku sendiri memang posting di Instagram. Itupun tanpa maksud viral karena akunku juga di-private ‘kan. Tahu-tahu jam 21.00 hape udah ramai dikasih tahu temen-temen lagi viral,” katanya.

Leony adalah mahasiswa Undip angkatan 2015 dan bergabung dengan Gojek pada 2017, sudah dua tahun dia menekuni pekerjaannya ini.

Ia mendaftar Gojek karena ingin meringankan beban ibunya yang kini bekerja seorang diri. “Makanya daripada ngerepotin, aku cari kerja. Kebetulan saat itu, Gojek buka lowongan, ya udah daftar aja. Keterima,” ujar cewek kelahiran 20 Agustus 1997 ini.

Leony masih ingat pendapatannya saat pertama kali ‘narik’ sebagai driver Ojol. Rp 40 ribu didapatkannya setelah seharian ngojek keliling Semarang.

“Ya lumayan capek, tapi dasarnya aku seneng motoran, jadi ya enjoy aja. Seterusnya ngojek disesuaikan jam kuliah,” kata wanita akrab disapa Lele.

Leony mengatur waktu untuk ngojek sebelum atau sesudah jam kuliah. Misalnya, jika jadwal kuliah pada hari itu siang, maka dia narik ojek sejak pagi sampai sebelum waktu kuliah.

Sementara kalau waktu kuliah pagi, maka selepas kuliah dia mulai narik ojek. Malam, aktivitasnya masih dilanjutkan dengan kegiatan latihan debat.

Leony tergabung dalam UKM Kelompok Riset dan Debat (KRD) FH Undip. Latihannya, mulai malam hingga subuh. “Kalau lagi ada perlombaan, gojeknya dikurangin dulu. Diatur gimana biar fisik juga nggak capek tapi akun juga nggak kena suspend,” katanya.

Selama mengikuti KRD, ia mendapat banyak prestasi. Salah satunya pada tahun 2018 dia mendapat juara dua pada kontes debat tingkat regional dan juara 1 kontes debat tingkat nasional.

Ditanya soal komentar teman-temannya terkait aktivitasnya itu, Leony mengaku tak banyak mendapat komentar negatif. Lingkungannya, kata Leony, cukup suportif pada kegiatannya.

“Bully enggak ada. Suportif sih. Lagipula aku juga cukup jarang di kampus. Kalau senggang ya aku pilih narik,” katanya.

Suka duka selama menjadi driver tentu sudah banyak dirasakan. Leony juga satu dari banyak driver yang sempat mengalami order fiktif.

Namun, berkat kedekatannya dan keikutsertaannya dengan komunitas hal-hal seperti itu bisa lebih diantisipasi. “Aku ikut Gopassus (Gojek Pasukan Anti Suspend). Di situ teman-teman juga dukung banget, bantuin saya skripsi juga,” katanya.

Untuk lulus kali ini ia membuat skripsi dengan mengangkat tema soal perkawinan dini. Ia pun mendapat bantuan ‘Sedulur’ Gojek itu yang paling banyak membantu. Misalnya, salah satu rekan Gojek mengantarkannya menemui narasumber penelitiannya.

“Saya cari anak yang nikah di bawah 16 tahun, jadi sedulur Gojek yang di pinggir Semarang malah kasih info, ‘tetangga saya ada di Mijen’ ditemuin. Karena susah cari anak yang melakukan perkawinan dini,” ungkapnya.

Setelah lulus, Leony mengaku masih akan menetap di Semarang. Sebab, dia masih akan berjuang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi program magisternya.

“Selama itu juga, saya tetep Gojek. Pokoknya saya enggak akan berhenti Gojek. Sebisa mungkin tetap narik,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video