fbpx

Liverpool Juara Piala Super Eropa 2019

Liverpool Juara Piala Super Eropa 2019

Kiper Adrian menjadi pahlawan saat adu penalti

Adrian Pahlawan, Liverpool Juara Piala Super Eropa 2019

Konten.co.id – Liverpool berhasil menjadi juara Piala Super Eropa 2019 setelah menundukkan Chelsea lewat adu penalti 5-4 setelah imbang 2-2 di waktu normal.

Adalah kiper pelapis Liverpool Adrian San Miguel jadi pahlawanpada pertandingan yang digelar di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB.

Ia menahan tendangan penyerang muda Chelsea Tammy Abraham. Pada waktu normal, Chelsea sempat unggul lebih dulu lewat Olivier Giroud pada menit ke 36 babak pertama.

Setelah Christian Pulisic berhasil menarik perhatian empat bek Liverpool demi membuka ruang kosong untuk Giroud berlari dan menyambut umpan terobosan dengan sepakan ke area tiang jauh.

Skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua tepatnya tiga menit pertama, Firmino memberikan satu sentuhan kecil untuk memperdaya kiper Kepa Arrizabalaga dan membiarkan bola disosor oleh Mane demi menyamakan kedudukan 1-1.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal rampung dimainkan di Vodafone Park sehingga pertandingan dilanjutkan dengan dua kali babak tambahan 15 menit.

Liverpool segera menggebrak sejak awal babak tambahan pertama, ketika Gomez yang bertukar posisi ke sektor kiri menyusul masuknya Trent Alexander-Arnold menggantikan Robertson melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan yang masih bisa dijinakkan Kepa pada menit ke-93.

Dua menit kemudian, Firmino sukses merangsek ke sisi kanan pertahanan Chelsea sebelum melepaskan umpan tarik yang disambut tendangan keras terarah oleh Mane untuk membawa Liverpool merebut keunggulan 2-1.

Chelsea berusaha segera membalas namun peluang Abraham berhasil dimentahkan Adrian dalam situasi satu lawan satu, namun kiper cadangan Liverpool itu kemudian melakukan kecerobohan dengan berada dekat Abraham yang menjatuhkan diri dalam serangan lainnya sehingga wasit Stephanie Frappart menunjuk titik putih.

Meski tayangan ulang memperlihatkan Adrian tak melakukan gerakan untuk menjatuhkan Abraham secara langsung, Frappart tak mau kompromi dan mempertahankan keputusannya.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Jorginho yang menjadi algojo dan sukses memperdaya Adrian dengan tenang untuk menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-101.

Gol itu disusul keputusan Klopp untuk menarik keluar Mane digantikan Divock Origi demi menyimpan tenaga mengingat mereka hanya punya waktu istirahat pendek sebelum bertandang ke markas Southampton untuk laga pekan kedua Liga Inggris.

Skor 2-2 bertahan hingga dua babak tambahan selesai dimainkan sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, Adrian membayar lunas kesalahannya atas gol penyama kedudukan Chelsea dengan mementahkan tendangan eksekusi Abraham yang merupakan algojo terakhir Chelsea dan memastikan Liverpool berhak mengangkat trofi Piala Super Eropa.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Adrian San Miguel; Joe Gomez, Joe Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Trent Alexander-Arnold); Jordan Henderson, Fabinho, James Milner (Georginio Wijnaldum); Mohamed Salah, Sadio Mane (Divock Origi), Alex Oxlade-Chamberlain (Roberto Firmino)

Pelatih: Juergen Klopp

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen (Fikayo Tomori), Kurt Zouma, Emerson; N’Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (Ross Barkley); Pedro Rodriguez, Olivier Giroud (Tammy Abraham), Christian Pulisic (Mason Mount)

Pelatih: Frank Lampard. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video