Kisah Heroik Ridwan Siswa SMK Penolong Polisi Terbakar

Kisah Heroik Ridwan Siswa SMK Penolong Polisi Terbakar

Hari ini Ridwan akan diberi penghargaan oleh Polda Jabar.

Berani dan Heroik, Ini Kisah Ridwan Siswa SMK Penolong Polisi Terbakar

Konten.co.id – M. Ridwan Suryana (18), seorang pelajar saat ini menanti penghargaan dari kepolian Daerah (Polda) Jawa Barat. Penghargaan ini menyusul aksi heroiknya memberikan minuman kepada Ipda Erwin Yudha yang menjadi korban pembakaran oleh mahasiswa di Cianjur, Kamis (15/8/2019).

“Saya terharu dan berterima kasih sebesar-besarnya kepada Ridwan yang tolong anak buah saya. Reward akan kami berikan untuk Ridwan,” kata Kapolres Cianjur AKBP Soliyah.

Ditemui konten.co.id, Minggu (18/8/2019) Ridwan menceritakan keberadaannya di DPRD Cianjur karena tengah menjalani magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Siswa kelas XII SMK Pasundan Cianjur jurusan Akuntansi itu menuturkan, saat itu ia sedang istirahat makan siang dan melihat ada aksi unjuk rasa di halaman Pendopo. “Saya dengar ada demo di depan, saya penasaran lalu ke sana untuk melihat, tiba-tiba pada ribut suasananya jadi kacau,” tutur Ridwan.

Dalam keadaan genting tersebut, ia melihat seseorang yang diketahui seorang anggota polisi bernama IPDA Erwin Yudha berlari dalam kondisi terbakar. Sejumlah orang coba memadamkan api yang menyelimuti tubuh anggota Bhabinkamtibmas itu dengan air dari gelas-gelas air mineral seadanya.

Setelah api padam, korban sempat tergeletak sendirian di tepi trotoar. Saat itulah, Ridwan berlari untuk menghampirinya. “Saya cari-cari air nemu dari gelas Aqua saya minumkan ke bapak polisi itu sambil coba menenangkannya,” ucapnya.

Saat itu, Ridwan juga mencoba berteriak-teriak meminta bantuan orang-orang sekitar, beberapa angggota polisi dan Satpol PP kemudian datang menghampiri. “Mereka lalu nyetop angkot untuk membawanya ke rumah sakit. Saat itu kondisinya setengah tak sadarkan diri, saya ikut menggotong ke dalam angkot,” katanya.

IPDA Erwin Yudha sendiri mengalami luka bakar cukup parah di sekujur tubuhnya, hampir 80 persen.

Selain Erwin, tiga anggota polisi lainnya juga menjadi korban. Aksi unjuk rasa gabungan elemen mahasiswa di depan gerbang Pendopo Bupati Cianjur, Kamis (15/08/2019) siang berujung ricuh setelah seseorang melemparkan cairan diduga bensin ke kerumunan.

Saat itu, petugas sedang berupaya memadamkan api dari aksi bakar ban yang dilakukan massa. Polisi sendiri telah menetapkan RS (19), mahasiswa salah satu universitas di Cianjur sebagai tersangka dalam kasus ini. RS teridentifikasi sebagai pelaku yang melakukan pelemparan bahan bakar yang menyebabkan empat anggota polisi terluka.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan kerusuhan yang terjadi di Cianjur. Pijaknya akan memberikan penghargaan kepada Ridwan lewat Polda Jabar.

“Harusnya aspirasi bisa dilayangkan dengan cara yang halus dan baik. Untuk Ridwan saya sangat apresiasi. Nanti akan ada reward,” tukasnya. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *