KH Cholil Nafis Sindir UAS untuk Minta Maaf

KH Cholil Nafis Sindir UAS untuk Minta Maaf

KH Cholil Nafis mengatakan minta maaf adalah budaya Indonesia.

Tidak Mau Minta Maaf, KH Cholil Nafis Sindir UAS Lewat Sosmed

Konten.co.id – Ustadz Abdul Somad (UAS) enggan meminta maaf terkait kasus ceramahnya yang viral soal patung dan salib yang menyinggung umat kristen. Ia menilai ia tidak bersalah lantaran yang diucapkannya berkaitan dengan akidah.

Menanggapi hal ini, dalam cuitan di akun twitternya, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis membahas soal maaf. Katanya meminta maaf akan lebih sulit daripada memberi maaf.

Ia menambahkan hukuman itu jalur prosedural dan hukum sedangkan musyawarah dan memaafkan itulah akhlak yang posisinya di atas hukum

“Kadang meminta maaf itu lebih sulit daripada memberi maaf. Hukuman itu jalur prosedural dan hukum sedangkan musyawarah dan memaafkan itulah akhlak yan posisinya di atas hukum. Syariah saja tak cukup tapi perlu disempurnakan dengan akhlaknya,” cuitnya, Kamis (22/8/2019).

Ia menilai budaya meminta maaf adalah budaya Indonesia. Karena hal itu bagian sopan santun orang Indonesia.

“Orang Indonesia acapkali meminta maaf meskipun tak bersalah. Itulah sopan santun orang Indonesia. Kesantunan itu soal etika dan rasa. Yg setiap orang pasti punya persepsi yg berbeda2. Apalagi Indonesia yg sangat kaya dg kebhinekaan. al qur’an menyebut : والعافين عن الناس” cuitnya.

Hal ini pun mendapat respon netizen. Sebagian menilai kalau sindiran Kiai Cholil Nafis berlebihan.

“Menurut Kyai jawaban ttg patung itu benar atw tidak atw keliru berdasarkan hadist? UAS dipaksa minta maaf karena mereka tersinggung, bgmn dgn ketersinggungan yg lain jgn hanya karena videonya UAS viral jadi cuma UAS yg dipermasalahkan.” Cuit akun FerryIr_

Hal senada diungkapkan @MassyIsza. “Dlm Islam, org yg tdk beriman disbt kafir. Di agma lain disbt domba2 tersesat. Dlm Islam Tuhan itu satu tdk beranak & diperanakkan. Di agma lain Tuhan punya anak. Apa muslim mrh? Tdk! Tiap agma punya keyakinan msg2. Yg ptg, itu disampaikan kpd jamaahnya, bkn di acr umum.” Cuitnya.

Sementara akun @AllaRasulIslam mencuitkan “Apakah tweet ini utk UAS yai? Kalau ya, sptnya UAS berbicara dlm forum yang tepat, dg jawaban yang tepat, pada org yg tepat, di tempat yang tepat, pada saat yang tepat. Sy melihat dlm semua sisi UAS tidak bermasalah sbg yg MUI sampaikan. Hrs minta maaf..”. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *