Jabar Provinsi Paling Harmonis

Jabar Provinsi Paling Harmonis

Ratusan suku tinggal dan diterima Jawa Barat.

Terima Banyak Suku, Jabar Provinsi Paling Harmonis

Konten.co.id – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat Herri Hudaya mengatakan Provinsi Jabar adalah tempat harmonis bagi banyak suku. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Beragam suku tinggal juga di Jawa Barat dan mereka nyaman tinggal disini sejak dahulu. Bahkan tidak pernah terjadi keributan antar suku.

Demikian juga dengan warga dari Papua yang selama ini sangat nyaman tinggal di Jabar dengan udaranya yang sejuk.

Ia menyayangkan dengan adanya kejadian rasisme yang terjadi di Malang dan Surabaya. “Sungguh memprihatinkan bagi kita semua dan saya berharap tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (29/8/2019).

Kehormatan untuk warga Papua, katanya, terlihat saat upacara kemerdekaan Indonesia mendapat kehormatan duduk bersama dengan Gubernur Jabar, Kapolda Jabar dan Pangdam III/Slw serta para pejabat di lingkungan provinsi Jabar. Bahkan bersama-sama menari khas Papua.

Jabar, lanjutnya, merupakan tempat tumbuhnya berbagai organisasi masyarakat (Ormas) yang diantaranya berbasis kesukuan.

Sebanyak 1.300 ormas tumbuh disana. Yang merupakan jumlah terbanyak di Indonesia. “Kegiatan ormas bergerak berdampingan dan tidak pernah terjadi pertikaian karena faktor kesukuan,” ucapnya.

Kejadian demo di Jalan Merdeka yang beberapa waktu lalu terjadi sangat ia sesalkan. Terlebih aksi ini diduga ditunggangi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Jabar untuk menjaga kondusifitas di Jabar. “Mari kita jaga kondusifitas di Jawa Barat dan kita hadapi bersama para provokator pemecah kesatuan bangsa ini,” harapnya.

Sementara Sekretaris Umum MUI Kota Tasikmalaya, KH. Aminudin Busthomi mengaku tidak mempermasalahkan aksi demo warga Papua.

Hanya saja jangan sampai merugikan orang banyak. “Dalam Islam bahwa santri menganggap provokator itu anti kemapanan, semoga saya tidak salah ucap ungkapnya,” ujarnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan