Ilmuwan Spanyol Suntikkan Sel Manusia ke Dalam Embrio Monyet

Ilmuwan Spanyol Suntikkan Sel Manusia ke Dalam Embrio Monyet

Ilmuwan lakukan riset canggih untuk pecahkan misteri evolusi.

Pecahkan Misteri Evolusi, Ilmuwan Suntikkan Sel Manusia ke Embrio Monyet

Konten.co.id – Para ilmuwan Spanyol mencampurkan sel manusia menjadi embrio monyet. Dirilis dari harian Spanyol El País ahli biologi asal Spanyol Juan Carlos Izpisúa Belmonte, yang bekerja di laboratorium di Salk Institute di California, telah bekerja bekerja sama dengan peneliti monyet di Cina untuk menciptakan “chimera manusia-hewan”. Dimana dalam hal ini embrio monyet tempat sel manusia ditambahkan.

Gagasan di balik penelitian ini adalah untuk membuat binatang yang memiliki organ, seperti ginjal atau hati, yang seluruhnya terdiri dari sel manusia. Hewan tersebut dapat digunakan sebagai sumber organ untuk transplantasi.

Teknik membuat chimera tersebut adalah dengan menyuntikkan sel induk embrionik manusia ke dalam embrio spesies lain yang sudah berumur beberapa hari. “Ini dilakukan agar sel-sel manusia dapat tumbuh bersama dengan embrio,” tambahnya.

Sementara Izpisúa Belmonte yang membuat chimera manusia dan hewan sebelumnya memasukkan sel manusia ke embrio babi, tetapi sel manusia tidak bertahan dengan efektif.

Ia menggunakan monyet karena secara genetik lebih dekat dengan manusia. Untuk memberi sel manusia kesempatan lebih baik untuk bertahan, para ilmuwan juga menggunakan teknologi pengeditan gen untuk menonaktifkan pembentukan jenis sel tertentu dalam embrio hewan.

AS, National Institutes of Health mengatakan embrio manusia dan monyet tidak bisa dicampurkan. Sejauh ini, tidak ada manusia-monyet yang lahir.
Sebaliknya, embrio campuran hanya dibiarkan berkembang selama satu atau dua minggu di laboratorium.

Sementara Estrella Núñez, seorang ahli biologi dan administrator di Universitas Katolik Murcia, di Spanyol, mengatakan kepada El País bahwa universitasnya membantu mendanai penelitian.

Ditanya apakah laporan El Pais akurat, Salk Institute tidak menjawab. Núñez mengatakan dalam email dia tidak bisa berkomentar lebih jauh sampai hasilnya dipublikasikan.

Menurut Pablo Ross, seorang peneliti veteriner di University of California, sangat tidak masuk akal untuk mencoba menumbuhkan organ manusia pada monyet.

“Aku selalu mengatakan bahwa tidak masuk akal menggunakan primata untuk itu. Biasanya mereka sangat kecil, dan terlalu lama untuk berkembang, ”katanya.

Ross mencurigai para peneliti memiliki pertanyaan ilmiah yang lebih mendasar. “Menyuntikkan sel manusia ke dalam embrio monyet dapat menjawab pertanyaan tentang jarak evolusi dan hambatan antarspesies,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *