fbpx

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Erupsi

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Erupsi

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Lagi

Konten.co.id – Gunung Tangkuban Parahu kembali mengalami erupsi pada Kamis (1/8/2019) malam, pukul 20:46 WIB.

Berdasarkan rilis data dari Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu KESDM Badan Geologi PVMBG, tinggi kolom abu teramati ± 180 meter dari dasar kawah (± 2.084 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ± 11 menit 23 detik.

Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi:

A. Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung/wisatawan/pendaki, Tidak mendekati kawah yang ada di puncak G. Tangkuban Parahu dalam radius 500m dari kawah aktif atau sekitaran sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang.

B. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, Pedagang, Wisatawan, Pendaki, dan Pengelola Wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan dihimbau tidak berlama-lama berada disekitar kawah aktif G. Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

C. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, Pedagang, Wisatawan, Pendaki, dan Pengelola Wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik yang jelas.

Sebelumnya, gunung tersebut juga erupsi pada Jumat (26/7/2019) sore yang mengakibatkan 24 orang sesak nafas dan 1 orang alami luka bakar. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video