Greenpeace Rilis Daftar 10 Kota Paling Tercemar di Dunia

Greenpeace Rilis Daftar 10 Kota Paling Tercemar di Dunia

10 kota paling tercemar di dunia.

Daftar 10 Kota Paling Tercemar di Dunia yang Dirilis Greenpeace

Konten.co.id – Kualitas udara kota Jakarta saat ini disorot. Polusi udara yang melanda membuat kualitas udara di ibu kota dicap tidak sehat.

Tapi tahukah Anda, daerah mana di belahan bumi ini yang polusi udaranya paling parah? Jawabannya adalah India.

AirVisual dan Greenpeace mencatat tujuh dari sepuluh kota dengan kualitas udara terburuk di dunia ada di India. Gurugram, sebuah kota sekitar 30 km barat daya dari New Delhi memiliki tingkat polusi terburuk secara global pada tahun 2018.

Tiga kota India lainnya masuk ke dalam lima besar. Ghaziabad di peringkat kedua, Faridabad di peringkat keempat, dan Bhiwadi di peringkat kelima.

Bahkan New Delhi, rumah bagi lebih dari 20 juta orang, berada pada peringkat 11, menjadikannya ibukota paling tercemar di dunia, di depan Dhaka, di Bangladesh, dan Kabul, di Afghanistan.

“Polusi udara mencuri mata pencaharian dan masa depan kita. Selain kehilangan nyawa manusia, ada perkiraan biaya global US$ 225 miliar dalam tenaga kerja yang hilang, dan triliunan biaya medis,” kata Direktur eksekutif Greenpeace Asia Tenggara Yeb Sano.

Dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, India saat ini tengah fokus menggenjot pertumbuhan ekonomi dalam upaya untuk meningkatkan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

Tetapi para kritikus justru menuduh pemerintahannya gagal mengatasi masalah lingkungan secara memadai, termasuk polusi udara. Presiden LSM Care for Air India yang berbasis di Delhi, Jyoti Pande Lavakare mengatakan masyarakat menderita karena polusi udara.

“Kami bertahan dalam hal ini tetapi tubuh kami masih menderita karenanya. Mengerikan hidup di bawah kondisi kualitas udara yang buruk,” protes Lavakare.

Polusi udara di India juga telah merenggut 1,24 juta jiwa pada tahun 2017. Jumlah tersebut sama dengan 12,5% dari total kematian yang tercatat pada 2017. Studi Lancet Planetary Health mengatakan lebih dari 51% orang yang meninggal karena polusi udara berusia di bawah 70 tahun.

Berikut ini daftar 10 kota paling tercemar:

  1. Gurugram, India
  2. Ghaziabad, India
  3. Faisalabad, Pakistan
  4. Faridabad, India
  5. Bhiwadi, India
  6. Noida, India
  7. Patna, India
  8. Hotan, Tiongkok
  9. Lucknow, India
  10. Lahore, Pakistan. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *