Flag Poject Seni Indah Kreativitas Komunitas

Flag Poject Seni Indah Kreativitas Komunitas

Flag project gagasan Arahmaini Faisal berhasil guncang Berlin.

Seni Komunitas Kreatif Indah Dalam Flag Project

Konten.co.id – Flag Project berkibar di Berlin. Tak hanya karya warna bendera ini melambangkan komunitas kreatif. Flag project digagas seniman Arahmaini Faisal di Indonesia dan mancanegara.

Penampilan ini menjadi bagian dalam konfrensi “Embodied History and Entangled Communities” di museum Hamburger Bahnhoffuntuk melihat dan merespon sejarah lewat seni penampilan.

Ada 21 orang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pada flag project di Berlin terbentang berbagai bendera kreatif dari komunitas. Salah satunya bendera bertuliskan “akal” dalam huruf arab pegon dari komunitas kreatif Jogjakarta. Komunitas kreatif pertama pasca gempa Jogjakarta dan berfokus pada masalah lingkungan hidup.

“Lewat proyek ini saya justru ingin bicara tentang bagaimana kita bisa mengolah kreativitas komunitas bukan hanya individu,” katanya dalam video di akun twitter @dw_indonesia yang dilihat Konten.co.id, Rabu (21/8/2019).

“Sebetulnya, ada banyak masalah yang harus dihadapi dan itu membutuhkan kerja sama,” tambahnya.

Sementara itu Damian Amat Marwi salah satu peserta Flag Project mengaku mengikuti karena Arahmaini adalah salah satu artis pertunjukkan kontemporer terbesar. “Saya bangga bisa ikut bagian ini. Saya keturunan Indonesia dan saya mencari kesempatan untuk terhubung dengan budaya Indonesia,” katanya.

Anna Catharina Gebbers kurator museum Hamburger Bahnhoff mengatakan kalau museum tersebut punya banyak karya dari Joseph Beuys yang sarat dengan kepedulian sosial dan kebersamaan dalam kreatifitas yang membentuk komunitas.

“Sangat sempurna dikombinasikan dengan penampilan salah satu seniman terbaik Indonesia,” tukasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *