fbpx

BMKG: Gempa Megathrust Ancaman Nyata

BMKG: Gempa Megathrust Ancaman Nyata

BMKG soal ancaman gempa megathrust.

BMKG: Megathrust Earthquake Ancaman Nyata, Tapi Tidak Bisa Diprediksi

Konten.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan akan terjadinya ancaman gempa besar yang tersimpan di zona gempa megathrust yang memanjang di lepas pantai bagian barat Sumatra dan selatan Jawa.

Energi yang tersimpan pada zona tersebut bisa memicu gempa berkekuatan besar dan potensial menyebabkan tsunami. Namun, kapan energi tersebut akan terlepas belum bisa dipastikan.

“Ancaman megathrust memang ancaman nyata tapi hingga saat ini belum ada teknologi apapun yang bisa memprediksi kapan terjadinya. Jadi, masyarakat yang berada di sepanjang jalur tersebut untuk terus waspada dan membangun kesiapsiagaan,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono di Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Rahmat menyebut zona megathrust berjarak 200-250 km di laut lepas. Tidak hanya di bagian barat Sumatra dan Selat Sunda, zona itu juga merambat hingga ke Bali dan utara Papua yang terdapat lempeng Indo-Australia.

“Jika kekuatannya besar dan sumber gempanya dangkal, tentu bisa memungkinkan terjadinya tsunami. Tapi memang tidak bisa diprediksi dan kita harus bijaksana memahami potensi bencana,” katanya.

Ia mengungkapkan hal ini juga berhubungan dengan kabar viral di media sosial bahwa akan terjadi gempa besar pasca gempa Banten berkekuatan magnitudo 6,9 SR.

“Peristiwa gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapapun, kapan, di mana. Teori yang berkembang saat ini baru dapat menjelaskan sebuah gempa utama dapat membangkitkan atau memicu aftershocks dan masih sulit untuk memperkirakan gempa besar rentetannya,” ujarnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video