BI Belum Tahu WA Pay Masuk ke Indonesia

BI Belum Tahu WA Pay Masuk ke Indonesia

Indonesia akan jadi negara kedua yang ada WA pay.

WhatsApp Pay Masuk ke Indonesia, BI Belum Tahu?

Konten.co.id – WhatsApp berencana menghadirkan layanan dompet digital di Indonesia. GoJek, Dana, Ovo dan Bank Mandiri dikabarkan didekati sebagai bagian rencana pengadaan layanan dompet digital WhatsApp Pay.

Namun Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengaku mengaku belum tahu mengenai hal ini.

“Saya belum mendengar tentang hal ini (WhatsApp Payment masuk Indonesia). Kita juga belum mendengar WA sebagai apa,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, Rabu (21/8/2019).

Dikatakannya, untuk bisa beroperasi di Indonesia, pihak yang menjadi penyelenggara jasa sistem pembayaran seperti prinsipal, switching, penerbit kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik, e-wallet, acquiring dan payment gateway harus memiliki izin atau persetujuan BI.

Persyaratan tersebut tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Pemprosesan sistem pembayaran tahun 2016, PBI Gerbang Pembayaran Nasional tahun 2017 dan PBI uang elektronik tahun 2018.

Sebelumnya diberitakan, WhatsApp dikabarkan sedang berunding dengan sejumlah perusahaan pembayaran digital di Indonesia, untuk menawarkan layanan transaksi mobile miliknya.

“WhatsApp sedang dalam diskusi dengan sejumlah mitra di Indonesia mengenai hal ini. Diskusi ini masih tahap awal. Kami belum bisa menginformasikan lebih lanjut untuk saat ini,” kata juru bicara Facebook.

Jika ini selesai, Indonesia akan menjadi negara kedua di dunia yang disambangi layanan pembayaran mobile WhatsApp. Memanfaatkan sektor e-commerce yang tengah moncer di Indonesia, jadi salah satu alasan rencana masuknya layanan ini ke Tanah Air. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *