Anyam Rambut Agnez Mo Tuai Pro Kontra

Anyam Rambut Agnez Mo Tuai Pro Kontra

Potongan rambut baru Agnez Mo buat netizen gaduh.

Netizen Ramai, Anyam Rambut Agnez Mo Tuai Pro Kontra

Konten.co.id – Penyanyi Agnez Mo pada akhir Juli lalu mengunggah potret tampilan baru rambut bergaya cornrow atau kepang. Ia bahkan tampak berpose bersama orang-orang Papua yang mengenakan busana dan riasan khas Tanah Cendrawasih.

“Kita semua orang Indonesia mengenakan pakaian tradisional Indonesia khususnya dari Papua,” tulis penyanyi yang kini berkarier di Amerika Serikat ini di instastory instagramnya agnezmo.

Namun ada beberapa netizen yang menganggap kalau apa yang dilakukan oleh Agnez bukanlah budayanya. “It’s not your culture” cuit akun @alkupra.

Hal ini pun sontak mendapat respon dari berbagai netizen. “can you elaborate on your argument about “anyam rambut is not agnes mo’s culture”? because as far as i know, it’s Indonesia, we are diverse here. Even though she’s not Papuan, she’s Indonesian. Please dont westernize things here” cuit @nandyikes.

“How come it’s not her culture?? I dont get it.. She rocking the the “anyam rambut” and yall mf trippin bout it.. Like, why??” cuit @Phanea4.

Namun dibalik itu semua, Agnez Mo membagikan kisah di balik anyam rambut khas Papua lewat akun Instagram pribadi. Cerita itu disampaikan lewat keterangan potret bernuansa hitam putih di mana masyarakat Papua tengah menganyam rambut.

“Fakta menarik: wanita cantik ini adalah orang Indonesia. Ini terjadi di Festival Danau Sentani, Sentani Timur, Jayapura, Papua, Indonesia. Mengepang rambut di Papua adalah tradisi yang dimulai dari menenun dengan tangan tas noken,” tulis pelantun Overdose ini pada unggahan Minggu (11/8/2019).

Agnez melanjutkan, orang Papua benar-benar menyebut mengepang rambut sebagai “hair-weaving” atau “Anyam Rambut” dalam Bahasa Indonesia.

“Wanita Papua umumnya mengepang rambut mereka untuk alasan praktis seperti untuk kemudahan bekerja. Sekarang ada banyak cara mengepang rambut dan karena berbagai alasan,” tambahnya.

Saking populernya, menganyam rambut juga dilombakan di Papua. Agnez Mo pun tak dapat menutupi kekagumannya atas keanekaragaman budaya Nusantara yang begitu kaya.

“Bukankah menakjubkan betapa beraneka ragamnya kita sebagai manusia? Inilah yang diajarkan budaya saya kepada saya. Bersatu dalam perbedaan,” lanjut Agnez Mo.

Sebagai penyanyi berkelas internasional, gaya dan outfit Agnez Mo tak jarang berubah setiap saat dan selalu sukses mencuri perhatian banyak pasang mata. Sebelum dikepang, ia tampil kece dengan rambut bergaya messy bob. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *