7 Makanan Serba Nasi di Indonesia

7 Makanan Serba Nasi di Indonesia

Makanan serba nasi ini bisa jadi pilihan makan anda.

Ini 7 Makanan Serba Nasi di Indonesia

Konten.co.id – Nasi merupakan makanan utama orang Indonesia yang dijadikan makan pagi sampai makan malam. Bahkan, tak sedikit orang yang mengaku belum makan jika belum makan nasi.

Tidak mengherankan banyak nasi khas Indonesia yang berbeda-beda namun memiliki rasa yang tak bisa diragukan enaknya. Berikut ini 7 makanan serba nasi khas Indonesia yang jadi pilihan makan anda.

1. Nasi Liwet

Nasi asli Sunda dan Solo ini memiliki tekstur lebih lembut dari nasi pada umumnya. Rasanya gurih karena biasanya dipadukan dengan santan kental. Teksturnya yang lembut cocok untuk jadi menu sarapan.

2. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah makanan khas dari Jogja, Semarang, dan Surakarta. Disebut nasi kucing karena porsinya kecil. Di dalamnya ada nasi ditambah dengan sambal lauk pauk. Biasanya dijual di berbagai angkringan.

3. Nasi Langgi

Nasi Langgi berasal dari Solo. Nasi ini dibumbui dengan rempah, santan dan asam Jawa. Untuk lauknya biasanya dilengkapi dengan kering kentang, telur dadar, bistik, sambal goreng ati, mentimun, ditaburi kerupuk udang, dan serundeng.

4. Nasi Tutug Oncom

Makanan ini merupakan kuliner khas bumi Parahyangan Sunda. Rasanya nikmat dengan perpaduan nasi, oncom dan juga rempah. Untuk lauknya beragam tergantung selera, ada tempe, tahu, ayam, dan lain-lain.

5. Nasi Jamblang

Nasi ini berasal dari Cirebon. Ciri utama Nasi Jamblang ini adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkusnya. Biasanya, Nasi Jamblang ini dimakan secara prasmanan.

6. Nasi Jenggo

Bali juga memiliki kuliner khas berupa Nasi Jenggo atau Nasi Jenggo yang biasanya dibungkus dengan memanfaatkan daun pisang dengan porsi yang kecil. Isiannya adalah nasi lauk pauk biasanya yang biasanya berupa telur, mie goreng, dan sambal.

7. Nasi uduk

Nasi uduk adalah salah satu menu sarapan yang banyak dicari karena enak dan nikmat. Ternyata ini merupakan makanan khas Betawi. Cara pembuatannya, beras dipadukan dengan santan kelapa. Dikonsumsi nasinya saja sudah sangat gurih, ditambah lauk pauk lengkap membuatnya makin istimewa. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *