Viral Atasi Hipotermia Setubuhi Korban, Basarnas: Sesat

Viral Atasi Hipotermia Setubuhi Korban, Basarnas: Sesat

Tanggapan Basarnas soal penanganan Hipotermia dengan cara setubuhi korban.

Basarnas Sebut, Viral Atasi Hipotermia dengan Setubuhi Korban, Sesat

Konten.co.id – Belakangan ini viral seorang laki-laki menyetubuhi pendaki wanita di Rinjani untuk mengatasi hipotermia.

Berdasarkan informasi viral itu, disebutkan bahwa “skin to skin” untuk menangani hipotermia adalah dengan cara disetubuhi. Bahkan, si pemberi info tersebut menceritakan pengalamannya tentang kasus pendaki cewek di Rinjani yang disetubuhi cowoknya untuk mengatasi hipotermia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Badan SAR Nasional (Basarnas), Suhri Sinaga, mengatakan hal tersebut adalah keliru. Menurutnya, untuk menghangatkan tubuh cukup dengan mengganti pakaian dan memakaikan selimut kepada korban saja.

“Tidak ada itu metode menyetubuhi, itu ajaran sesat,” ujarnya, Kamis (25/7/2019).

Untuk mengatasi Hipotermia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Jika korban hipotermia mengenakan baju yang basah, maka ia dilepas bajunya dan diganti dengan pakaian kering.

Cara lain yang bisa dilakukan, dengan melepas semua pakaian basah dan saling berpelukan di dalam sleeping bag antara sesama gender. Misalnya, jika yang mengalami hipotermia adalah laki-laki, maka penanganan dilakukan oleh laki-laki juga.

“Kalau dia perempuan dengan perempuan dalam satu sleeping bag, itu oke. Laki-laki dengan laki-laki itu oke. Pasangan suami-istri juga oke. Bukan, laki-perempuan disetubuhi,” jelas Sinaga.

Sebagai informasi, Hipotermia adalah penurunan suhu badan secara drastis, hingga di bawah 35º Celcius (suhu tubuh normal berkisar di angka 37º Celcius). (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *