Terkuak, Teka-teki Formasi Menteri Jokowi. Ada Anak Muda

Terkuak, Teka-teki Formasi Menteri Jokowi. Ada Anak Muda

Formasi baru Kabinet Jokowi.

Mulai Terkuak, Teka-teki Formasi Kabinet Baru Presiden Joko Widodo

Konten.co.id – Terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden mengundang tanda tanya tentang susunan kabinet baru.

Ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (12/7/2019), kepada wartawan, Jokowi mengaku sudah menyusun komposisi menteri untuk kabinet periode 2019-2024.

“Sudah, sudah (menyusun kabinet), secepatnya (diumumkan),” katanya.

Hanya saja pihaknya masih menutupi soal komposisi para menterinya. Ia hanya menyatakan formasi kabinetnya diisi dari kalangan partai dan profesional dengan perbandingan 60 dari partai dan 40 profesional.

Ia mengaku sudah ada beberapa parpol yang menyampaikan harapan mendapatkan kursi menteri antara lain PKB, NasDem, serta PPP. Diketahui ketua umum parpol tersebut sudah menemui Jokowi pada Selasa (9/7/2019)

Beberapa waktu lalu Jokowi mengatakan kalau bakal ada sosok anak muda dalam kabinet periode kedua 2019-2024. Ia mengaku sudah meminta partai politik pendukung menyetorkan kader mudanya masing-masing untuk menjadi menteri.

Ia pun tidak memaksakan jika kader usia muda tidak disetorkan. Ia akan memilih kalangan profesional muda untuk duduk di jajaran kabinet bersamanya.

Selain itu ia mengungkapkan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja juga banyak yang dirinya pertahankan. Namun, ia tak menyebut siapa saja menteri yang akan melanjutkan tugas dalam periode kedua pemerintahannya.

Hal senada diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. “Penguatan koalisi pasti selalu terjadi kepada siapapun, karena sekali lagi Pak Jokowi selalu memikirkan bagaimana negara ini dibangun secara bersama-sama,” ujar Moeldoko beberapa waktu lalu.

Jokowi terpilih kembali sebagai presiden bersama Ma’ruf Amin. Jokowi-Ma’ruf unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Jokowi-Ma’ruf didukung oleh PDIP, Golkar, NasDem, PKB, PPP, Hanura, PSI, Perindo, PKPI, serta menyusul kemudian PBB. (*)

Penulis : Ade Indra
Editor : IGR

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *