fbpx

Sebentar Lagi, Harga Motor di DKI Akan Naik

Sebentar Lagi, Harga Motor di DKI Akan Naik

Imbas dari kenaikan biaya BBN-KB.

Anies Wacanakan Kenaikan Pajak, Harga Motor di DKI Bakal Naik

Konten.co.id – Tidak lama lagi harga kendaraan bermotor di DKI akan kembali naik. Wacana kenaikan biaya balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) adalah penyebabnya.

Wacana tersebut diusulkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menginginkan kenaikan sebesar 12,5% dari sebelumnya 10%. Menurutnya, hal ini sesuai dengan peraturan daerah nomor 9 tahun 2019.

Menurut informasi dari hasil rapat kerja terbatas asosiasi badan pendapatan daerah Jawa dan Bali pada tanggal 13 Juli 2018 nanti arahnya akan menerapkan secara serentak. ”Usulan tarif tersebut diharapkan menekan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor. Pemerintah provinsi Banten sekarang telah memberlakukan tarif BBN-KB 12,5% sehingga jika DKI tidak memberlakukan hal yang sama maka dikhawatirkan Ada kesenjangan tarif BBNKB Antar Provinsi,” seru Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan , Selasa (9/7/2019)

Artinya kenaikan 12,5% ini memang fokus di DKI Jakarta namun daerah lain terbuka mengikuti. Apalagi berdasarkan undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi pada pasal 12 tertulis bahwa BBN-KB paling tinggi 20% untuk penyerahan kendaraan pertama.

Artinya dengan kenaikan 12,5% masih jauh dari undang-undang batas atas. Maka dari itu, jika kenaikan BBN KB 12,5% diberlakukan maka bisa dipastikan harga motor baru akan ikut naik. Hanya saja wacana kenaikan harga masih digodok dan akan diumumkan sekitar pertengahan Juli ini. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video