Menyoal Semen Murah China, Ada Harga, Ada Kualitas

Menyoal Semen Murah China, Ada Harga, Ada Kualitas

Semen China Tengah Viral Karena Murah. Lalu Bagaimana Kualitasnya?

Harga Murah, Semen China Tengah ‘Happening’. Bagaimana Soal Kualitas?

Konten.co.id – Harga semen China belakangan terkenal dengan harganya yang cukup miring. Di pasaran, produk semen merek China ini harganya sangat bersaing, bahkan pemasaran mereka cukup agresif sampai di lapak online.

Semen HIPPO misalnya, untuk ukuran 50 Kg hanya dijual Rp47 ribu, dan ukuran 40 kh hanya Rp37 ribuan. Semen Garuda dibanderol dengan harga Rp44.800 untuk ukuran 50 kg, sedangkan 40 kg hanya Rp35.900.

Bahkan semen CONCH ukuran 40 Kg di toko Bukalapak ada yang dijual hanya Rp34.300 per sak, dan ukuran 50 Kg dipatok Rp42.900 per sak oleh pelapak di Jakarta, harga ini memang belum termasuk ongkos turun barang tapi relatif sangat murah.

Di pelapak yang sama, harga semen lokal macam Tiga Roda ukuran 40 Kg dijual sampai Rp39.800 per sak, bahkan di penjual lainnya yang sama-sama area Jakarta, menjual sampai Rp48 ribu per sak padahal pabriknya dekat dengan Jakarta.

Ukuran 50 kg, harganya dijual ada yang sampai Rp54.400 per sak. Semen Gresik salah satu pemain lokal, juga menjual cukup mahal, ukuran 40 kg dijual Rp 40.400 per sak, dan ukuran 50 kg dibanderol Rp50.500 per sak.

Meski harganya miring, tak lantas menarik minat pedagang dan konsumen. Budi pemilik Toko Bangunan Trubus 2 di kawasan Jalan Hankam, Jatiwarna contohnya.

Ia mengaku ada beberapa alasan kenapa tak menjual produk semen China lantaran konsumen lebih banyak percaya pada produk semen pemain lama macam Tiga Roda dan lainnya meski harganya lebih mahal.

Selain itu, distributor produk semen China sering bermasalah. Ia bercerita pernah mendapatkan harga semen China Rp30 ribu per sak (ukuran 40kg) saat pengiriman pertama lancar, tapi pengiriman kedua bermasalah dengan alasan harga sudah naik.

Sementara kualitas semen China seperti CONCH, Garuda, dan HIPPO masuk kategori semen “Level 3″ dan dikenal biasa saja. “Kita tak pakai semen CONCH, HiPPO, Garuda. Kita pakai semen murahnya Rajawali (Tiga Roda) dan semen China merek Semen Jakarta,” katanya, Senin (15/7/2019). (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *