Lapuk, Patung Bambu Getih Getah di Bundaran HI Dibongkar

Lapuk, Patung Bambu Getih Getah di Bundaran HI Dibongkar

Patung bambu Getah Getih Bundaran HI akhirnya dibongkar karena lapuk. Anggaran ratusan juta hangus.

Lapuk, Patung Bambu Getih Getah Senilai 550 juta di Bundaran HI Dibongkar

Konten.co.id – Karya bambu Getih Getah yang dipasang di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, sudah dibongkar.

“Dilakukan pembongkaran karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh khawatir roboh,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Pembongkaran instalasi karya Joko Avianto tersebut dilakukan, Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 21.00 WIB oleh Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Untuk sementara lokasi bekas Getih Getah akan dibuatkan taman. Pihaknya pun tidak bisa memastikan apakah akan ada bangunan atau karya pengganti Getih Getah.

Pembongkaran ini pun menimbulkan pro kontra. Firmansyah (33) mengaku tidak mempermasalahkan pembongkaran Getih Getah. “Iya malah bagus soalnya kan lihat bundaran HI udah gak ketutup lagi,” katanya.

Tapi jika melihat dari segi anggaran Rp 550 juta yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta, ia mengaku sangat menyayangkan. “Kalau karya seni emang wajar keluar bajet mahal, tapi kalau ujungnya dibongkar gara-gara bambunya rusak dan gak enak dipandang ya sayang juga sih,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Icha Azkiyah (27). Warga Pluit, Jakarta Utara ini menyayangkan anggaran ratusan juta jika hanya dibuat karya seni yang ujungnya dibongkar dalam waktu kurang dari setahun.

Padahal, kata dia, beberapa wilayah di Jakarta seperti Pluit, Kapuk, dan Cengkareng, Jakarta Barat membutuhkan banyak dana untuk perbaikan jalan. “Gubernur juga harusnya lihat daerah Jakarta pinggiran karena kita masih banyak jalan rusak. Sekarang dana Rp 550 juta terus bambunya ajdi rusak kena panas kena hujan mending buat betulin jalan,” imbuhnya.
Sementara itu, Ichwan Hasanudin (42) warga Kebon Sirih mengatakan, memang sudah saatnya instalasi tersebut dibongkar. Lantaran sudah tak elok dipandang setelah terkena panas dan hujan.

“Tapi memang kalau sudah rapuh, ya mau gimana. Sudah enggak enak juga buat dilihat, warnanya sudah enggak hijau,” ucapnya.

Getih Getah sendiri merupakan karya bambu yang diresmikan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018 lalu.

Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu tersebut menelan biaya hingga Rp550 juta. “Bambu dipilih karena Indonesia khasnya bambu,” kata Anies kala itu. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *