“Konvoi Truk Tanpa Nopol Bermuatan Warga Asing”, Ini Kata TNI

“Konvoi Truk Tanpa Nopol Bermuatan Warga Asing”, Ini Kata TNI

TNI Klarifikasi soal viral konvoi truk tanpa nopol yang bermuatan warga asing.

Klarifikasi TNI Soal “Konvoi Truk Tanpa Nopol Bermuatan Warga Asing”

Konten.co.id – Video konvoi truk tanpa nomor polisi, tengah viral di medsos. Pihak TNI bereaksi dan membantah truk itu miliknya.

Hal ini disampaikan Pusat Penerangan TNI lewat akun Twitter @puspen_tni, Minggu (14/7/2019).

“Woro-woro tweepss, telah beredar berita Hoax ttg “konvoi truk TNI tanpa nopol” yang tdk bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, dibawah ini adalah klarifikasinya, utk pembuat dan yang ikut menyebarkan dapat dipidanakan, hati-hati yaa tweepss!!”

Dalam cuitannya, Puspen TNI mengatakan truk tersebut bukan kendaraan operasional TNI, baik dari matra darat (TNI AD), laut (TNI AL), maupun udara (TNI AU).

“Sementara yang ada di video tersebut (kendaraan) jenis Mitsubishi Colt tahun pembuatan 1995-1998. Sedangkan di TNI sudah tidak dipakai dan sudah dihapus dari daftar invetntaris di jajaran TNI, baik AD/AL/AU,” tulis keterangan di dalam poster yang ditwit itu.

Pada poin berikutnya bahwa mobil jenis angutan di TNI baik AD, AL, maupun AU sesuai aturan tidak memiliki velg roda kendaraan yang berwarna merah.

“Setiap kendaraan TNI bila keluar satuan wajib melengkapi semua, termasuk Plat No/SIM/STNK sesuai aturan yang berlaku,” tulis keterangan itu lagi.

Disebutkan bahwa mobil jenis angkutan TNI untuk semua matra sesuai aturan dinas harus dilengkapi dengan identitas satuan. Puspen TNI mengingatkan bahwa orang yang mengambil dan menyebar berita yang belum tentu kebenarannya atau hoax dapat dihukum sesuai dengan Pasal 27 ayat 5 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Hal ini pun mendapat respon netizen. Salah satunya akun @el_tandou yang mencuitkan “gak di selidiki itu truk siapa? kejadian dimana? untuk keperluan apa? Min @Puspen_TNI ??? lebih fokus ke penyebar video??? Ngeri betul! penyebar video di tangkap, masuk penjara, trus masyarakat ga akan pernah tau itu truk siapa? Untuk keperluan apa? Mustahil negara ga tau!”

Sementara akun @Aristajoe mencuitkan “Video truck yg mirip” mobil TNI tanpa plat nomer ini yg katanya memuat org” non NKRI, beredar jg di WAG shrsnya ini dilacak dan diusut tuntas knp hrs berkamuflase dimiripkan spt mobil TNI tanpa plat nomer pulak,?! dan apa mksdnya,.?! Inteligent TNI sgt bs mengusut mslh ini”

Sedangkan akun @roasterbutt mencuitkan “Yg videoin dan bilang “mobil TNI” mungkin ga tahu kl itu tnyt bkn mobil TNI. Yang harusnya jadi pertanyaan kan itu mobil siapa, knp tdk dilengkapi plat, siapa/apa yg dibawa, tujuannya kmn? Bukan malah sibuk menilai tentang itu mobil TNI hoax atau benar”. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *