fbpx

Kisah Hidup Sutopo Purwo Nugroho

Kisah Hidup Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo Purwo Nugroho dikenal semangat dalam bekerja dan bisa bertemu Raisa karena semangat dirinya untuk menjalani hidup

Dedikasi untuk Masyarakat hingga Bertemu Raisa, Ini Kisah Hidup Sutopo Purwo Nugroho

Konten.co.id – Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia, Minggu (7/7/2019) saat melawan kanker paru-paru dan dirawat di rumah sakit di Guangzhou, China.

“Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau,” tulis Direktorat PRB melalui akun Twitter-nya, Minggu (7/7/2019).

Sutopo didiagnosis sekitar awal Desember 2017. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, Sutopo lahir di Boyolali pada 7 Oktober 1969. Putra dari pasangan Suharsono Harsosaputro dan Sri Roosmandari itu mulai bekerja di instansi pemerintah sejak tahun 1994.

Sutopo mengawali karirnya di Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT) sebagai pegawai di bidang penyemaian awan. Lulusan Universitas Gadjah Mada dan IPB itu kemudian didapuk sebagai Kepala Bidang Teknologi Mitigasi Bencana, Pusat Teknologi Pengelolaan Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Saat bekerja di BPPT, Sutopo kemudian didaulat untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga bekerja penuh untuk lembaga tersebut. Pada tahun 2010, dia dipercaya sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana.

Di tahun yang sama pada bulan November, Sutopo kemudian didapuk sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB hingga saat ini.

Namun pada pertengahan Januari 2018, awak media dan juga publik tanah air dikejutkan dengan pengakuan pria humoris ini terkait vonis dokter yang menyatakan dirinya menderita penyakit kanker paru-paru Stadium IV.

Sejumlah awak media yang mengetahui pengakuan Sutopo tersebut melalui WhatsApp Group sontak merasa kaget dan memberikan semangat kepadanya. Kabar tersebut agak sulit diterima akal karena para wartawan mengetahui Sutopo memiliki pola hidup sehat yang baik, tidak merokok maupun minum alkohol. Dia juga mengaku tidak memiliki sejarah penyakit kanker secara genetis.

“Pak Sutopo kan hidupnya sehat kita juga kaget pas denger pak Sutopo kanker,” kata Firmansyah, kameramen InewsTV kepada Konten.co.id, Minggu (7/7/2019).

Walaupun tengah dalam kondisi sakit, Sutopo pun masih tetap aktif bekerja sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi di BNPB. Hal tersebut diketahui pada unggahan di media sosialnya yang menggambarkan dirinya tengah berada di ruang operasi.

Dalam unggahannya tersebut, Sutopo mengaku meski sedang menjalani serangkaian tahapan operasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) namun dirinya tetap menyampaikan informasi terkait longsor di Brebes, maupun bencana alam lainnya.

Ia mengatakan melakukan hal tersebut dengan ikhlas agar masyarakat mendapat informasi bencana yang benar dan akurat. “Kita wartawan sempet nanya ke beliau, gimana anda bisa keja kasih informasi tapi anda sakit? Dia bilang ‘ini untuk masyarakat supaya masyarakat tahu kondisi alamnya dan apa yang terjadi sama kita semua, yang penting semangat mas,” cerita Firmansyah lagi.

Namun ada yang menarik dari diri Sutopo. Yang paling diingat adalah bapak dua anak ini merupakan fans berat penyanyi cantik Raisa. Sutopo memang seringkali menyampaikan informasi terkait bencana alam dengan me-mention beberapa akun Twitter tokoh ternama, salah satunya Raisa.

Beberapa kali Sutopo memberikan cuitan tentang Raisa dibalut dengan humor khasnya. Pelantun lagu Kali Kedua itu pun sempat menyapa Sutopo Purwo Nugroho melalui video call.

Sutopo Purwo bertemu Raisa
Sutopo Purwo bertemu Raisa

Akhirnya impian untuk bertemu istri Hamish Daud ini pun terwujud. Kala itu, November 2018 Sutopo bertemu Raisa dalam sebuah acara di Jakarta. Momen pertemuan Sutopo dengan Raisa itu pun menjadi viral dengan tagar ‘RaisaMeetSutopo’. Banyak warganet yang terharu melihat kebahagiaan pak Sutopo bertemu dengan idolanya.

Kini kisahnya tinggal kenangan dan perjuangannya bisa jadi pelajaran. Selama Jalan Sutopo Purwo Nugroho. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *