Kemenperin Keluarkan Aturan SNI Untuk Ban Vulkanisir

Kemenperin Keluarkan Aturan SNI Untuk Ban Vulkanisir

Aturan SNI untuk produksi ban vulkanisir.

Pastikan Keamanan, Kemenperin Keluarkan Aturan SNI Untuk Ban Vulkanisir

Konten.co.id – Kementerian Perindustrian memberikan aturan standar proses produksi wajib atau good manufacturing practice (GMP) dengan akan memberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara wajib untuk ban vulkanisir.

“Upaya strategis ini dinilai penting untuk menjaga kelangsungan industri ban vulkanisir di dalam negeri sekaligus memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan bagi konsumen,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara, Selasa (30/7/2019).

Aturan wajib SNI tersebut merupakan bagian dari Program Nasional Regulasi Teknis (PNRT) tahun 2018-2019, yang menyatakan vulkanisir ban mobil penumpang dan komersial, termasuk salah satu dari 57 SNI yang akan diberlakukan secara wajib atau tepatnya SNI 3768-2013.

Secara detailnya SNI ini berisikan SNI 0098:2012, yakni untuk ban mobil penumpang, SNI 0099:2012 untuk ban truk dan bus, SNI 0100:2012 untuk ban truk ringan, serta SNI 0101:2012 untuk ban sepeda motor.

“Selama ini penerapan SNI ban vulkanisir masih bersifat sukarela. Kami meyakini, penerapan standar pada proses produksi ban vulkanisir dapat membantu kegiatan usaha yang sebagian besar adalah pelaku industri kecil dan menengah (IKM),” tukasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *