fbpx

Kadisdik Garut: Pengadaan Buku Ditanggung Dana BOS!

Kadisdik Garut: Pengadaan Buku Ditanggung Dana BOS!

Kadisdik Garut perintahkan sekolah tarik kembali buku yang sudah dijual.

Ditanggung BOS, Kadisdik Garut Minta Sekolah Tarik Buku yang Dijual

Konten.co.id – Belakangan ini orang tua siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Garut mengeluhkan harga buku paket mencapai Rp 1 juta. Hal ini pun menimbulkan polemik besar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Totong, meminta pihak sekolah untuk segera menarik kembali seluruh buku pelajaran yang sebelumnya sudah terjual kepada siswa karena sesuai peraturan tidak boleh ada penjualan buku pelajaran di sekolah.

“Intinya, apapun alasannya tetap buku harus dikembalikan,” kata Totong, Sabtu (27/7/2019).

Sesuai peraturan, kata dia, pengadaan buku untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah ditanggung pemerintah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ia menyampaikan, setelah mendapatkan laporan, Disdik Garut memanggil kepala sekolah maupun Koordinator Wilayah Disdik di kecamatan untuk mengklarifikasi masalah penjualan buku maupun seragam sekolah.

Totong pun langsung menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk tidak menjual buku kepada siswa karena akan membebani orang tua yang dipastikan tidak semuanya memiliki kemampuan ekonomi yang mapan.

“Dipanggil Kepala SD 5 Sukagalih, dan Gentra Masekda suruh dikembalikan,” katanya.

Totong menyampaikan, sebelumnya Disdik Garut telah melayangkan surat larangan penjualan buku ke koordinator wilayah kecamatan, dan kepala sekolah SD dan SMP se Kabupaten Garut pada 11 Juli 2019.

Surat tersebut menyampaikan tentang Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 11 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pendidik Pasal 45 yaitu pendidik dan tenaga kependidikan, baik perseorangan maupun kolektif dilarang menjual buku, seragam, atau pungutan lainnya.

Dalam surat larangan itu salah satunya menyebutkan dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam atau bahan pakaian seragam di satuan pendidikan. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video