Impak Trade War, IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Impak Trade War, IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Merespon trade war yang tak kunjung usai, IMF turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

Impak Trade War, Ekonomi Dunia Lesu. IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan

Konten.co.id – Lembaga Moneter Internasional (IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pasca tensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China tak kunjung usai. Hal ini membuat perekonomian dunia lesu.

IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pada 2019 sebesar 0,2% menjadi 3,2%. Pada 2020, IMF juga menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia 0,2% menjadi 3,5%.

Lewat revisi proyeksi ini, IMF menyatakan pertumbuhan ekonomi dunia di 2020 sulit untuk tumbuh tinggi. Seperti diketahui, perang dagang yang terjadi antara AS dan China membuat sektor perdagangan dunia terhambat pertumbuhannya.

Pertumbuhan ekonomi China sebagai salah satu sentral ekonomi dunia, mulai terganggu perang dagang. Dalam proyeksi terakhir IMF ini, AS sebagai pusat dari tensi perang dagang, malah diprediksi akan naik pertumbuhan ekonominya.

IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS sebanyak 0,3% di tahun ini menjadi 2,6%. Namun tahun depan, pertumbuhan ekonomi AS akan melambat menjadi 1,9%.

Sementara China diturunkan proyeksi pertumbuhan ekonominya oleh IMF sebesar 0,1% menjadi 6,2% pada tahun ini. IMF juga menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi China sebesar 0,1% menjadi 6% pada 2020. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *