Hadapi PSM di Kandangnya, Persebaya Tak Diperkuat Pilarnya

Hadapi PSM di Kandangnya, Persebaya Tak Diperkuat Pilarnya

Persebaya tak diperkuat Ruben Sanadi dan Hansamu Yama.

Lawan PSM di Mattoangin, Persebaya Tak Diperkuat Bek Andalan

Konten.co.id – PSM Makassar dan Persebaya Surabaya akan bertemu pada pekan ke-9 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (177//2019) pukul 18.30 WIB.

Sebagai tuan rumah, Juku Eja butuh tiga poin untuk menjaga catatan selalu menang di kandang musim ini. Kemenangan juga bisa jadi modal psikologis menghadapi Persija Jakarta di leg pertama Piala Indonesia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta (21/7/2019).

Menghadapi Persebaya Surabaya, Pelatih Darije Kalezic merasa perlu membenahi lini belakangnya terlebih dulu.

Dua gol yang terjadi saat bertemu Madura United pekan lalu terjadi karena bunuh diri yang dilakukan Beny Wahyudi dan Aaron Evans.

Menurut Darije, dari lima gol itu, hanya satu yang murni berkat kerja usaha lawan yakni ketika gawang Juku Eja dibobol oleh sundulan bek Bhayangkara, Anderson Sales.

“Sementara empat gol lainnya karena konsentrasi lini belakang yang tak fokus,” tegas Darije.

Kuartet Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman dan Beny Wahyudi wajib kerja ektra meredam serangan Persebaya yang banyak mengandalkan serangan lewat sayap. Apalagi, pada pertandingan nanti, Bajul Ijo kembali memainkan Amido Baldo yang sudah sembuh dari sakit pencernaan.

Darije menunggu perkembangan terakhir Eero Markkanen yang baru pulih dari demam. Meski demikian ia masih ada dua opsi lain yaitu Guy Junior dan Ferdinand Sinaga.

Sementara itu, Bayu Gatra berpeluang jadi starter setelah penyerang sayap lainnya, Zulham Zamrun dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Suporter PSM juga mendesak Darije agar memaksimalkan kemampuan Bayu yang selama ini jarang mendapat menit bermain.

Menghadapi PSM, Persebaya punya modal buruk. Dalam dua partai terakhir, skuat Djajang Nurjaman tak pernah menang. Masing-masing ditahan Barito Putera 2-2 dan takluk dari PSS Sleman 1-2

Bajul Ijo pun tak diperkuat dua bek tim nasional, Hansamu Yama dan Ruben Sanadi yang tak masuk dalam daftar pemain ke Makassar karena masih menjalani perawatan cedera.
.
Eks pelatih Persib Bandung ini mengaku sudah mengantisipasinya dengan memaksimalkan kedalaman tim yang dimiliknya. Sebagai pengganti Hansamu, Djanur masih memiliki Syaifuddin.

Begitu pun di posisi Ruben masih Novan Sasongko yang bisa digeser ke bek kiri. Sementara peran Novan di kanan bisa diserahkan ke Abu Rizal Maulana yang musim lalu kerap jadi starter.

“PSM memang tim kuat. Terutama bila bermain di kandang sendiri. Tapi, kami tetap main normal. Saya hanya minta pemain agar tetap fokus sepanjang pertandingan,” kata Djanur.

Peluang Persebaya mencetak gol di Makassar juga terbuka karena mereka kembali diperkuat striker Amido Balde. Kembalinya Balde setelah absen pada dua laga terakhir bisa jadi senjata utama Bajul Ijo.

Prediksi susunan pemain

PSM (4-3-3): Hilmansyah; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok; Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, M.Rahmat

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, M. Syaifuddin, Otavio Dutra, Novan Sasongko; Misbakus Solihin, M. Hidayat, Damian Lizio; Manu Jalilov, Amido Balde, Irfan Jaya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *