fbpx

Gempa Halmahera, Terjadi Guncangan Susulan Hingga 65 kali

Gempa Halmahera, Terjadi Guncangan Susulan Hingga 65 kali

Gempa susulan terjadi hingga 65 kali.

Guncangan Susulan Gempa Halmahera, Terjadi Hingga 65 kali

Konten.co.id – Gempa bumi yang terjadi di Halmahera dengan magnitudo 7,2, Minggu (14/7/2019), hingga saat ini terus berdampak buruk. Gempa susulan terus terjadi sebanyak 65 kali.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai melakukan berbagai upaya penanganan gempa tersebut. Salah satunya adalah dengan mengirim tim reaksi cepat melakukan penanganan dan berkoordinasi dengan pihak di Jakarta.

“Kami tengah mengirimkan drone untuk memotret jadi lebih tahu keadaan disana, fasilitas yang rusak dan yang lainnya disana bagaimana,” ucap Pelaksana Harian Kepala Pusat Data dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggunalangan Bencana Agus Wibowo.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah menetapkan status tanggap darurat selama tujuh hari yang akan berakhir pada Minggu (21/7/2019). Kabupaten Halmahera Selatan diguncang gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter pada kedalaman 10 kilometer di 62 kilometer Timur Laut Labuha, Maluku Utara.

Gempa terjadi pada Minggu (14/7) pukul 16.10 WIB pada koordinat 0,59 derajat Lintang Selatan dan 128,06 derajat Bujur Timur.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan. Hasil analisis mekanisme sumber yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan struktur pergerakan mendatar. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video