fbpx

Gelombang Panas di Eropa Tewaskan 7 Orang

Gelombang Panas di Eropa Tewaskan 7 Orang

Gelombang panas diperkirakan bakal berlanjut hingga beberapa bulan mendatang

Tewaskan 7 Orang, Gelombang Panas Eropa Makin Bahaya

Konten.co.id – Sebanyak tujuh orang tewas dan kebakaran hutan terjadi di Spanyol akibat gelombang panas yang melanda Eropa Barat, sejak Kamis (27/6/2019) hingga Minggu (30/6/2019).

Dilaporkan Reuters, sebagian besar kebakaran hutan terjadi di Spanyol, seperti di pusat Toledo dan Madrid dengan dampak kerusakan 20 kilometer persegi sejak Jumat (28/6/2019) lalu. Petugas pemadam kebakaran sejauh ini berhasil mengendalikan api.

Gelombang panas juga melanda kota timur laut La Almunia de Dona Godina, Spanyol, dengan suhu mencapai 42,4 derajat Celsius. Dari 50 provinsi di Spanyol, 2 di antaranya dilanda cuaca ekstrem setelah sebelumnya 5 provinsi mendapatkan peringatan yang sama.

Sementara di Prancis bagian selatan, gelombang panas mencapai 45,9 derajat Celsius sejak Jumat. Suhu mulai turun secara bertahap, tetapi pemerintah setempat membatasi penggunaan mobil yang tidak ramah lingkungan demi melawan polusi dan membatasi penggunaan air untuk petani serta 25 kantor pemerintahan.

Dampak gelombang panas juga dikeluhkan Jerome Despey, seorang produsen anggur di wilayah barat daya Prancis. Lewat Twitter, ia mengunggah foto kebun dengan tanaman yang tampak keriput karena gelombang panas.

Terkait hal ini, badan meteorologi setempat menyatakan bahwa pelemahan jet stream tingkat tinggi membuat sistem cuaca berhenti dan suhu musim panas meningkat. Abad ini telah menghadirkan lima musim panas dengan cuaca ekstrem.

Sedang Organisasi Meteorologi Dunia menyebut, gelombang panas yang terjadi belakangan ini merupakan yang terparah di Eropa. Emisi gas rumah kaca ditengarai menjadi penyebab utamanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video