Geger Orang Mati Hidup Lagi

Geger Orang Mati Hidup Lagi

Orang mati hidup lagi.

Geger Orang Mati Hidup Lagi di Madura

Konten.co.id – Warganet digegerkan oleh beredarnya video mayat Robi Anjal (60) warga Pontianak, Kalimantan Barat di Sampang, Madura, Jawa Timur, yang mendadak hidup lagi seusai diturunkan dari ambulans.

Peristiwa tersebut terjadi di Pondok Karongan, Desa Tanggumong, Kecamatan Kota Sampang, Jumat (26/7/2019) malam pekan lalu.

Berdasarkan informasi, kala itu mayat Robi tiba dibawa ambulans ke Sampang untuk dimakamkan. Menurut keluarga, Robi semasa hidup pernah berpesan kalau meninggal dunia, harap dimakamkan di pesantren Pondok Karongan Sampang.

Pada video viral berdurasi 4 menit 15 detik itu tampak mayat Robi diturunkan dari ambulans. Tapi mendadak, mayat yang sudah dikafani itu bangkit dan hidup kembali.

Ketika hidup kembali, mayat Robi kejang-kejang hingga terjatuh dari ranjang dorong ambulans. Belakangan diketahui, Robi tak benar-benar mati. Itu hanya akal-akalan. Mayat Robi juga dikafani oleh istrinya sendiri.
Robi pun ditangkap dan diperiksa di Mapolres Sampang untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, Senin (29/7/2019).

Kasubbag Humas Polres Sampang Ipda Eko Puji Waluyo melalui keterangan tertulis menyebutkan kalau Robi masih diperiksa secara intensif. ”Dalam penyelidikan kami, peristiwa mati hidup kembali ini tak benar, hanya pura-pura. Pelaku sendiri yang merencanakan,” kata Ipda Puji Eko.

Ia menuturkan, berdasarkan pengakuan sementara Robi, ia melakukan hal itu karena memunyai masalah utang piutang. Eko menuturkan, masih mengumpulkan bukti untuk menyimpulkan apakah perbuatan Robi itu terdapat unsur pidana, terutama penipuan.

“Pastinya, warga merasa kecewa karena mereka sudah menggali lianglahad dan tahlilan. Kaget mereka, ternyata itu hanya akal-akal pelaku,” tukasnya

Benar saja, kekecewaan warga ditunjukkan dengan menutup kembali kuburan yang sudah selesai digali.

Abdul Halim, warga setempat mengatakan, kuburan untuk Robi sudah selesai digali sejak hari Jumat (26/7/219) pagi kemarin. Saat menggali kuburan, warga meninggalkan aktivitas lainnya karena diperintahkan oleh tokoh setempat agar selesai lebih awal.

“Yang biasa menyiram tembakau, sementara ditinggalkan. Yang bekerja ke kota juga tidak bekerja,” ujar Abdul Halim.

Ia dan warga lain mengaku geram atas perbuatan Robi. Pasalnya, yang dipermainkan tidak hanya warga. Namun, tokoh masyarakat yang sangat disegani di desanya juga dipermainkan setelah ketahuan kematiannya main-main.

“Coba kalau orangnya ada di depan warga, sudah dikubur separuh badan agar tidak main-main kalau urusan dengan kematian,” terang Abdul Halim.

Hidupnya kembali Robi dari kematiannya yang pura-pura menimbulkan kecurigaan ulama. KH. Fauroq pengasuh pesantren yang pertama kali menerima kedatangan jasad Robi.

Ia menjelaskan, asal-usul Robi tidak jelas dan tidak ada hubungan kekerabatan dengan keluarga besar dirinya. Apalagi menyebutkan bahwa mayat Robi ingin dikubur di dekat kuburan ayahnya karena alasan wasiat. “Keinginan inilah yang menjadi kejanggalan pertama,” tukasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *