Fahira Idris Minta Jokowi Batalkan Rencana Pindahkan Ibukota

Fahira Idris Minta Jokowi Batalkan Rencana Pindahkan Ibukota

Jokowi diminta batalkan rencana pemindahan ibukota.

Boros Anggaran, Fahira Idris Minta Jokowi Batalkan Rencana Pindahkan Ibukota

Konten.co.id – Rencana pemindahan ibu kota oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo diminta untuk dibatalkan.

Permintaan ini diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang terpilih dari wilayah Jakarta. Menurut salah satu anggota DPD RI, Fahira Idris, rencana itu dipastikan akan memakan anggaran yang begitu besar.

Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas sebelumnya membeberkan alokasi anggaran untuk pemindahan ibu kota. Ada dua skenario anggaran yang akan dilaksanakan pemerintah.

Deputi Pengembangan Regional Bappenas, Rudy S. Prawiradinata menjelaskan skenario pertama, yaitu seluruh Aparatur Sipil Negara atau ASN dipindahkan tanpa dilakukan right sizing jumlah ASN atau total penduduk akan mencapai 1,5 juta. Rencana ini, membutuhkan lahan sebesar 40 ribu hektare.

Sementara skenario kedua, ASN dipindahkan melalui skema Right Sizing, sehingga jumlahnya hanya sebanyak 870 ribu penduduk. Maka lahan yang dibutuhkan skenario ini sekitar 30 ribu hektare. Dengan demikian, ia mengatakan, total estimasi biaya pemindahan ibu kota untuk skenario I sebesar Rp466 triliun dan untuk skenario II sebesar Rp323 triliun.

“Mudah-mudahan, dengan pertimbangan biaya itu, harusnya jadi pertimbangan (membatalkan rencana),” ujarnya, Kamis (26/7/2019).

Ia mengatakan rencana kepindahan ibu kota ini secara umum hanya mendapat sambutan baik dari masyarakat Kalimantan, daerah di mana ibu kota baru direncanakan ditempatkan. Kata dia, anggaran besar oleh pemerintah pusat dinilai lebih baik digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak, seperti peningkatan kesehatan dan kesejahteraan.

“Kita lebih banyak membutuhkan biaya (untuk pemindahan ibu kota) itu untuk masyarakat. Banyak yang harus diutamakan, soal kesejahteraan, BPJS,” ujar Fahira. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *