fbpx

Eks Aktivis ITB: Bongkar Patung Bambu Getah Getih

Eks Aktivis ITB: Bongkar Patung Bambu Getah Getih

Patung bambu Getah Getih dinilai benda yang paling mengganggu di Jakarta

Mengganggu, Eks Aktivis ITB Minta Patung Bambu Getah Getih HI Dibongkar

Konten.co.id – Keberadaan patung dan kesenian bambu yang ada di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI) dinilai mengganggu oleh aktivis Fadjroel Rachman.

Ia menilai kesenian yang dinamakan Getah Getih ini sangat tidak layak berada di tempat tersebut. Bahkan ia meminta untuk segera dibongkar.

“Benda paling mengganggu di Jakarta. Kapan dibongkar ya?” katanya dalam akun twitter resminya @Fadjroel yang dilihat Konten.co.id, Minggu (8/7/2019).

Hal ini pun mendapat respon dari netizen. Salah satunya dari akun @Pak_Dimas.

Ia menilai bangunan ini dikritik karena dibuat pada masa Gubernur Anies Baswedan. “Seandainya benda seni ini dibuat saat pemerintahan Pak Basuki, apakah akan tetap dianggap mengganggu?” cuitnya.

Sementara akun @Jmandiri01 mencuitkan kalau Anies bisa memberikan kebaikan bagi banyak orang dengan dana Rp 550 juta ketimbang membangun monumen atau patung. “Dengan uang Rp 550.000.000,- engkau bisa memberikan begitu banyak kebaikan bagi banyak orang” katanya.

Sementara @Mochamadfoad mengaku merindukan Fadjroel yang bisa berkritik keras yang membangun dan mendasar. “Sdh tdk respect dgn bang @fadjroeL. Sdh tdk ada kritikan keras yg mebangun dan mendasar. Serasa menjadi pembenci sejati kpd org yg tak sejalan dgn pemerintahan adeuh” cuitnya.

Diketahui Getah Getih adalah sebuah kerajinan dari bambu berdiri di lahan bekas jembatan penyeberangan orang atau JPO di Jalan Thamrin, dekat patung Selamat Datang, kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Kerajinan tersebut diresmikan Kamis, 16 Agustus 2018. Anies mengatakan, kerajinan bambu tersebut merupakan karya seniman Joko Avianto. Kerajinan bambu itu dipajang karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin menunjukkan bambu yang sering dianggap tidak bernilai, bisa menjadi karya seni yang tak ternilai.

“Bambu sering dianggap tak bernilai, kami ingin tunjukkan di tanah yang paling mahal di Indonesia, yaitu Bundaran HI, di situ dipasang instalasi dengan material paling murah di Indonesia,” imbuhnya.

Ide memasang kerajinan bambu di Bundaran HI tebersit saat Anies melihat karya bambu milik Joko yang dipamerkan di salah satu acara di Jakarta. Ia lantas meminta Joko untuk membuat kerajinan bambu untuk dipasang di dekat Bundaran HI.

“Awalnya Getah Getih dibangun untuk menyambut Torch Relay Asian Games 2018 tapi tetap kita pertahankan,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *