fbpx

Bencana-bencana Industri Paling Mengerikan di Dunia

Bencana-bencana Industri Paling Mengerikan di Dunia

Tragedi mengerikan di dunia industri.

Ini 4 Bencana Industri Paling Mengerikan di Dunia

Konten.co.id – Dunia Industri selain memberikan kesenangan ternyata juga bisa menyebabkan bencana. Buktinya ada empat teragedi Industri terbesar sepanjang sejarah. Diantaranya adalah :

1.Tragedi Bhopal

“Suasana begitu mencekam. Ruangan dipenuhi asap putih. saya mendengar orang2 berteriak ‘lari! Lari!’ lalu saya terbatuk, setiap tarikan napas terasa panas, seperti bernapas dlm api. Air mata keluar, hidung saya berair, mulut saya berbusa” –Shukla, mengingat.

Dianggap sebagai bencana industri terburuk di dunia, tragedi Bhopal yang terjadi di India 3 Desember 1984 larut malam terjadi kebocoran 20-40 ton gas beracun pada pabrik pestisida milik Union Carbide India Limited yang berlokasi disekitar daerah miskin dan padat penduduk di Bhopal, India.

Para pekerja sedang membilas pipa dengan air bersih. Air yang memasuki tangki yang terisi gas metil isosianat (MIC) dan memicu reaksi kimia yang menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tangki.

Tidak hanya MIC saja, terdapat campuran mono methylamine, carbon monoxide dan 20 bahan kimia mematikan lainnya. Sirine peringatan berbunyi, tetapi kemudian berhenti, menyebabkan sebagian besar warga Bhopal tidak menyadari bahaya besar yang mengintai.

Sebanyak 8.000 pekerja dan penduduk meninggal dunia dalam tiga hari pertama setelah terjadinya bencana tersebut. sebanyak 150 ribu orang mengalami luka dan cacat permanen, berbagai penyakit dan melanjutkan hidup dengan penderitaan, termasuk melahirkan anak-cucu dengan cacat lahir.

2. Ledakan Halifax

Tabrakan 2 kapal yang hampir lenyapkan kota. Terjadi pada tanggal 6 Desember 1917 di pelabuhan Halifax, Nova Scotia, Kanada. Kejadian bermula saat kapal kargo Perancis “SS Mont-Blanc” bermuatan mesiu dan bahan peledak bertabrakan dengan kapal Norwegia “SS Imo”.

Tabrakan itu, menyebabkan gelombang tekanan udara yang menghanguskan pepohonan, menghancurkan gedung-gedung, membawa berbagai serpihan sejauh kiloan meter juga menyebabkan sebuah tsunami menyapu bersih daerah Cove Tuft. Korban luka mencapai 9000 orang dan korban tewas mencapai 2000 orang.

3. Kebakaran Pabrik Ali Enterprise

Kebakaran ini terjadi disebuah pabrik garmen di Karachi, Pakistan. Para penyidik meyakini bahwa kebakaran terjadi akibat korsleting pada generator listrik, meskipun pengadilan belum memutuskan apakah kebakaran itu terjadi disengaja atau tidak.

Api dengan cepat membesar di bagian produksi, pintu terkunci dari dalam. Lebih dari 250 karyawan meninggal terperangkap di dalam pabrik, tidak memiliki pintu keluar darurat dan berjendela kisi-kisi baja. Peristiwa ini merupakan bencana industry terburuk dalam sejarah Pakistan

4. Ledakan tambang Benxihu

Terjadi pada 26 April 1942, Benxi , Liaoning, Cina. Dimulai dengan ledakan debu batu bara, lalu api tersebar di permukaan tambang dan mengakibatkan tekanan besar di dalam tambang. Keadaan tambang juga menyedihkan, para pekerja dipekerjakan dengan tidak manusiawi.

Besarnya ledakan dari bawah tanah bahkan sampai ke pintu masuk. Banyak korban yang terbakar sehingga tidak bisa diidentifikasi. Dibutuhkan 10 hari untuk mengevakusi dampak ledakan, mayat-mayat pekerja hanya dibawa dan dimasukan ke dalam gerobak untuk dikuburkan secara massal. (*)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video