fbpx

Anggota DPR, Pelaku Korupsi Terbanyak

Anggota DPR, Pelaku Korupsi Terbanyak

KPK menyebut, anggota DPR pelaku korupsi terbanyak.

KPK: Pelaku Korupsi Terbanyak Adalah Anggota DPR

Konten.co.id – Saat memaparkan laporan kerja periode 2014-2019 dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, suap-menyuap masih menjadi modus korupsi terbesar.

“Suap-menyuap masih menjadi modus perkara ’favorit’, disusul modus pengadaan barang dan jasa di urutan kedua,” demikian disampaikan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Senin (1/7/2019).

Untuk pelaku korupsi terbanyak, Saut mengatakan kalangan anggota legislatif. Terutama di kalangan DPR dan DPRD ‘memimpin’ di urutan pertama.

“Mengenai komposisi pelaku tipikor yang ditangani KPK dari tahun 2015 sampai dengan Juni 2019, anggota DPR dan DPRD masih jadi penyumbang terbanyak,” ucapnya.

Sebaran wilayah peristiwa korupsi terbanyak terjadi di Pulau Jawa. Sama seperti di periode sebelumnya, Pulau Jawa masih menjadi tempat terbesar praktik korupsi.

“Kemudian dari sisi wilayah sebaran wilayah sebagai lokusnya, Pulau Jawa masih menjadi lokus terbesar praktik tipikor. Paling tinggi di antara Sulawesi, Bali, Maluku, Sumatera, Kalimantan, dan kepulauan kecil,” tuturnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video