fbpx

Anggaran Dipotong Sri Mulyani, Muhadjir ‘Ikhlas’

Anggaran Dipotong Sri Mulyani, Muhadjir ‘Ikhlas’

Anggaran dialihkan untuk pendidikan vokasi dan revitalisasi gedung-gedung sekolah yang rusak

Anggaran Kemendikbud Dipotong Sri Mulyani, Muhadjir Mengaku ‘Ikhlas’

Konten.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat ini nampak sedih. Hal ini lantaran alokasi anggaran Kemendikbud tahun depan dipangkas nyaris Rp 1 triliun.

Kekecewaan itu tentu beralasan. Karena anggaran yang dipotong itu sebagian akan dialihkan untuk pendidikan vokasi dan diberikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk merevitalisasi 73 SMK Negeri pada 2020 mendatang.

Tapi ia mengaku ikhlas. Menurutnya, keputusan pemangkasan alokasi anggaran Kemendikbud tersebut merupakan kewenangan penuh dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku pengelola anggaran.

“Itu wewenang penuh dari Ibu Menkeu Sri Mulyani Indrawati,” tuturnya, Senin (15/7/2019).

Hanya saja, Muhadjir mengatakan sejatinya pemangkasan tersebut tak terlalu mempengaruhi program kerja di Kemendikbud. Pasalnya, kebijakan pendidikan sepenuhnya akan berada di pemerintah daerah.

Muhadjir berharap, bendahara negara dapat mempertimbangkan agar pemangkasan anggaran lebih dipersempit. Karena pemerintah daerah pun tidak bisa terus-terusan mengandalkan kas daerah yang dimilikinya

“Ada wilayah yang sangat tertinggal dibanding daerah lain dan tidak mungkin melakukan percepatan karena APBD sangat terbatas. Itu juga Kemendikbud masih harus ikut campur,” jelasnya.

“Karena itu kita masih berharap ada anggaran yang cukup memadai yang bisa digunakan Kemendikbud melakukan itu, sehingga proses percepatan danb pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia terwujud,” kata Muhadjir. (*)

Penulis : Indra Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video