Aljazair Juarai Piala Afrika untuk Kedua Kalinya

Aljazair Juarai Piala Afrika untuk Kedua Kalinya

Riyad Mahrez dkk juarai Piala Afrika 2019

Aljazair Kampiun 2019! Juarai Piala Afrika untuk Kedua Kalinya

Konten.co.id – Aljazair berhasil keluar sebagai juara Piala Afrika 2019 usai mengalahkan Senegal 1-0 di babak final yang dihelat di Cairo International Stadium, Mesir, Sabtu (20/9/2019) dini hari WIB. Baghdad Bounedjah jadi pahlawan kemenangan El Khadra lewat gol semata wayangnya di menit 2.

Bagi Aljazair, gelar juara Piala Afrika ini merupakan yang kedua sejak mereka sukses menggamit trofi pertama pada 1990. Sebaliknya, Senegal mesti memupus harapan mereka untuk meraih titel Piala Afrika untuk pertama kalinya.

Final Piala Afrika 2019 kali ini cukup menarik. Begini, Senegal dan Aljazair pernah bentrok di fase grup. Kala itu Riyad Mahrez cs. menang dengan skor tipis 1-0 dan finis sebagai pemuncak klasemen Grup C. Yah, mirip-mirip dengan Copa America 2019 yang mempertemukan kembali Brasil dan Peru di partai puncak.

Namun, Senegal mengalami sedikit ganjalan dalam menuntaskan aksi balas dendam. Les Lions de la Teranga tak diperkuat benteng kokoh mereka, Kalidou Koulibaly, lantaran suspensi. Alhasil, Aliou Cisse kemudian memilih bek Schalke 04, Salif Sane, untuk bertandem dengan Cheikhou Kouyate di pos bek sentral.

Untuk sektor penjaga gawang, Cisse masih memercayakannya kepada Alfred Gomis. Kiper milik SPAL itu memang jadi pilihan pertama setelah Edouard Mendy mengalami cedera di fase grup lalu. Sementara di garda terdepan, Sadio Mane masih jadi tumpuan. Pemain yang sudah mengemas 3 gol itu dibantu Ismaila Sarr dan M’Baye Niang.

Aljazair lebih beruntung ketimbang calon lawannya. Ya, skuat pimpinan Djamel Belmadi relatif bersih dari cedera dan suspensi. Dengan kata lain mantan arsitek Qatar itu bisa menurunkan susunan terbaik dalam wadah 4-1-4-1 yang jadi andalannya.

Riyad Mahrez, Sofiane Feghouli, Ismael Bennacer, dan Youcef Belaili kembali diturunkan bersamaan. Secara garis besar, keempat gelandang inilah yang jadi titik terkuat Aljazair.

Bila dikalkulasi, mereka sudah menyumbang 6 gol dan 3 assist sepanjang turnamen. Itu belum dihitung dengan Adam Ounas, senjata rahasia Aljazair yang sudah mengemas 3 gol dan 1 assist.

Aljazair keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 1-0. Kemenangan yang sekaligus mengantar mereka merengkuh titel Piala Afrika untuk kedua kalinya. (*)

Penulis : AI

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *